NiasIsland.Com Logo

www.NiasIsland.Com
Providing you with some information about Nias Island

  Haniha Ira, Hadia Niwa'öra?
 

Wed, 23 December 2009 08:59:55
Suster Klara dan Rumah Inap Kasihnya
Noverlina bernyanyi dengan nada suara naik turun sesukanya dan lafalnya tak jelas. Selesai bernyanyi, ia memeluk ”ibunya”. Meski berusia tiga tahun, ia belum bi ...

Ref: Nugroho F Yudho (Kompas, 22 Desember 2009)

  • 

Ama Rita Zamasi Tetap Mencintai NIAS

  • 

Ir. Boy Olifu Gea di Kebun Tanaman Hiasnya => Click to enlarge!Ir. Boy Olifu Gea Pengusaha Tanaman Hias

  • 

Binahati Baeha, SH dengan Istri, Lenny Trisnadi. => Click to enlarge!Tuhanlah yang Telah Menggariskan Jalan Hidupku

  • 

Riahardy Mendröfa => Click to enlarge!Antara Kampung Halaman, Foto, dan Instalasi

  • 

Kanserina Esthera Dachi => Click to enlarge!Keteguhan Hati Dokter Kanserina Esthera Dachi

  • 

Susanto dan Istri, Hartati Zebua. => Click to enlarge!Susanto, Pelopor Bisnis Restoran Pinggir Pantai di Pulau Nias

  • 

Yacintha Gulö => Click to enlarge!Yacintha Gulö, Putri Mandrehe yang "Merawat Amerika"

  • 

Agus Hardian Mendröfa di salah satu Pojok Miga Beach Hotel => Click to enlarge!Talifusöda Agus Hardian Mendröfa, Mantan Wakil Bupati Nias

  • 

Drs. Fatizanolo Saoiagö, BA => Click to enlarge!Drs. Fatizanolo Saoiagö, BA, Wakil Bupati Kotabaru

  • 

Dubes RI Piter Taruyu Vau dan Ibu => Click to enlarge!Dari Nias ke Brasil sebagai DUTA BESAR INDONESIA UNTUK BRASIL

  • 

Magdalena Sanora Warnihati Fau => Click to enlarge!Onie Fau dan Kecerdasan Wanita Nias

  Index  

  Last Commented
 
 

Sat, 18 November 2017 10:55:03 | Mohammad | Bali | 197.211.57.123
DPRD: Rencana Konversi Karet di Nias Dipertanyakan30 Responses

 

Wed, 15 November 2017 03:59:46 | jane | 44 palm street | 197.210.227.49
Suster Klara dan Rumah Inap Kasihnya32 Responses

 

Wed, 08 November 2017 22:19:40 | Angeraigo Laia | Kac,Bawolato | 114.125.37.92
Ferry Jet Jumbo Layani Pelayaran Sibolga-Nias 3 Jam1 Responses

 

Sat, 28 October 2017 13:25:32 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.Ulunoyo Nias selatan | 114.125.53.210
Editor Media Online Dipanggil Penyidik Poldasu7 Responses

 

Sat, 28 October 2017 11:31:35 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.Ulunoyo Nias Selatan | 114.125.53.148
Pemerintah Bidik Nias Destinasi Andalan Dongkrak Kunjungan Wisman2 Responses

 

Sun, 15 October 2017 14:41:09 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.Ulunoyo Nias Selatan. | 114.124.237.152
Kenapa Nias Tak Disukai Orang?6 Responses

 

Sun, 01 October 2017 19:29:32 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.ulunoyo nias selatan | 114.124.166.62
Tersangka Kasus Korupsi Nias Water Park Segera Disidang2 Responses

 

Wed, 19 September 2007 17:01:41
Yacintha Gulö, Putri Mandrehe yang "Merawat Amerika"
Jakarta (NiasIsland.Com)

Yacintha Gulö => Click to enlarge! Biodata

Putri Mandrehe yang lahir 31 tahun yang lalu ini memiliki tekad kuat untuk mencari pengalaman hidup ke luar negeri. Awal perjalannya dituturkan sebagai berikut:

"Well, i never thought that someday i could come to this state. My parents was poor and hardly able to send us to go to the higher school. But, that wasn't stop me. I have a thought on my mind, that if i want to change, i have to do something. So, after i graduate from SPK (nursing school) PGI CIKINI in jakarta, working in cikini hospital for 3 years, and went to Taiwan for 2 years. From Taiwan, i got enough money to continue my school and i registered in STIK SINT CAROLUS Jakarta, so i got my diploma 2 years ago. Well, while in college, i also working in some clinics."

Menurut pengakuannya, suatu hari kesempatan bekerja ke luar negeri datang. Ita tidak menyia-nyiakan dan berusaha meraihnya meski dengan usaha keras.

"Well, God open the way, so i got some information about being a nurse in USA. So, i took another courses, improving my knowledge, reading, searching and browsing trough the internet. Well, even when i have to apply for visa, i doubt, because it's kind a hard to get a USA visa, but, again, God's working is a miracle. I got a job offering in California, after some interview trough a phone, and i got a job. Right now, i'm preparing my self to get a licence as an RN in USA, this coming sept 5th. It's not an easy test, but as long as i tried hard, and doing my best, i just believe i can do it," papar Ita mengenang perjuangannya.

Setelah meraih sebagian cita-citanya, Ita pun tidak berhenti. Dia ingin terus berkembang dengan melanjutkan sekolah di jenjang yang lebih tinggi, "after 1 or 2 years working in USA, i want to continue to advance my school," tegas Ita yang senang menghabiskan waktu dengan membaca ini.


Merawat Orang Amerika harus lebih Hati-hati

Bekerja sebagai perawat di Amerika sangat berbeda dengan di Indonesia. Orang Amerika tidak segan-segan menuntut haknya bila perawat tidak melakukan tugasnya sesuai prosedur. Hal ini disadari penuh oleh putri Mandrehe ini. "Di sini harus penuh dengan tanggung jawab dan tanggung gugat. Bekerja harus sesuai dengan peraturan dan kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah, serta harus berdasarkan dengan teori yang benar. Di sini saya harus bekerja sesuai dengan real procedure. Jika melakukan kesalahan, orang Amerika senang menuntut. So, kudu hati-hati dalam bekerja agar tidak bikin kesalahan," imbuhnya pula.

Kalau sudah kenal, menurut Ita, pasien orang Amerika lebih "banyak bicara". Mereka tidak segan-segan bercerita apa saja, lebih terbuka, dan senang memberi pujian atau apresiasi terhadap apa yang telah dilakukan buat mereka.

Hal yang baik lagi dari orang Amerika, menurut Ita, adalah mereka suka menyapa duluan walaupun tidak kenal. "They're so friendly sehingga saya merasa seperti di rumah sendiri, perasaan berada di negara asing jadi tidak terasa," tutur Ita pula.

Hal menarik sebagai perawat, Ita sangat senang bila pasien yang pernah dirawat ketemu saat mereka dalam keadaan sehat. Sering sekali setelah bertahun-tahun, bila ketemu di jalan atau dimanapun, mantan pasien masih mengingatnya walaupun terkadang Ita sudah lupa siapa mereka, karena tidak mungkin mengingat begitu banyak pasien yang pernah dirawat. Kalau hal itu terjadi, maka akhirnya merekalah yang menjelaskan bahwa mereka pernah dirawat oleh Ita. "Sangat berkesan karena mereka tetap mengingatnya meskipun kejadiaannya telah berlangsung lama," tutur Ita riang.


Komptensi dan Kemauan Belajar adalah Kuncinya

Yang dibutuhkan untuk bersaing dengan perawat-perawat di Amerika adalah kompetensi. Amerika tidak membeda-bedakan latar belakang suku dan bangsa. Sebelumnya Ita agak ragu juga bisa bersaing dengan perawat-perawat Amerika, namun kenyataannya Ita bisa memperoleh gaji dan fasilitas-fasilitas yang sama dengan yang didapatkan oleh perawat-perawat Amerika. Artinya, ketrampilan dan kompetensi Ita sebagai perawat berstandar internasional telah diakui oleh rumah sakit tempat Ita bekerja.

"Untuk dapat disetarakan dengan perawat disini, kita harus lulus ujian yang namanya NCLEX- RN. Ujian ini tidak gampang sehinggga banyak perawat yang harus ujian berkali-kali, termasuk perawat lulusan Amerika sendiri. Setelah dapat licence, gaji dan semuanya sama dengan perawat disini," urai Ita yang lulus dengan sekali ujian.

Menurut Ita, kesempatan untuk datang dan bersaing di Amerika masih terbuka bagi perawat-perawat Indonesia. Amerika masih membutuhkan banyak tenaga perawat. Yang penting adalah penguasaan Bahasa Inggris dan pemahaman Ilmu Keperawatan di Amerika karena Ilmu keperawatan di Indonesia berbeda jauh dibandingkan dengan Amerika.

Di Amerika kompetensi dan ability setiap perawat harus diuji setiap tahun atau setiap 3 tahun, tergantung kebijakan state dan rumah sakit yang bersangkutan. Jadi, perawat harus menghadapi ujian setiap periode tertentu bila ingin tetap bekerja. Ita pun harus terus belajar dan belajar supaya bisa survive di Amerika, karena anak delapan bersaudara ini ingin tinggal di Amerika dalam beberapa tahun ke depan, "mungkin 10 atau 20 tahun, he ... he ... he ..., ingin lebih memperdalam pengetahuan dan pengalaman bekerja disini," alasannya.


Hidup ini bukan hanya untuk Diri Sendiri

Ita yang memiliki prinsip "Just do the Best and let God do the Rest", akan "terjun" dalam pekerjaan sosial setelah pensiun di hari tua nanti. Saat umur pensiun, Istri Saur Simarmata ini tidak mau lagi terus mencari uang. Ia memanfaatkan secara maksimal masa mudanya untuk bekerja keras supaya bisa menabung.

Karena, buat Ita, hidup ini bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk orang lain. "Kalau Tuhan mengijinkan, saya ingin membuka panti buat para lansia (lanjut usia) atau rumah (yayasan) untuk anak-anak yang orang tuanya tidak mampu," obsesi Ita.

Dengan panti tersebut, Ita ingin membantu orang-orang supaya mampu melakukan sesuatu yang berguna bagi dirinya dan keluarganya. Ita juga akan lebih senang bila panti tersebut dipusatkan di Nias supaya bisa langsung membantu anak-anak Nias. "Ini masih mimpi loh, doain aja terlaksana di masa depan," harap Ita.

"Mimpi" Ita ini bukan suatu hal yang mustahil, apalagi Ita meyakini ungkapan "dimana ada kemauan di situ ada jalan". "Bagi saya sendiri, sebagai seorang Kristen yang percaya kepada Tuhan Yesus. Tuhan mengetahui rancangan masa depan kita, dan bahwa rancanganNya adalah rancangan kebaikan dan bukan kejahatan (Jeremiah 29:11-13)," Ita mengakhiri pembicaraan.


Biodata

Nama:

Yacintha Gulö

Tempat/ Tanggal Lahir:

Jakarta, Juni 1976

Suami:

Saur Simarmata S.H

Ayah/Ibu:

Jumlah Bersaudara:

D. Alex Gulö / Rosilia Harefa

8 orang

Pendidikan:

1983-1989 SD Mutiara, Nias (s/d kelas 5), SDN 01 PG Sawangan (kelas 6)

1989-1992 SMP Kemala Bhayangkari 2, Jakarta Selatan

1993-1996 SPK PGI CIKINI, Jakarta Pusat

2002-2005 Akademi (D3) STIK SINT Carolus, Jakarta Pusat

Pengalaman Kerja:

RS PGI CIKINI, Jakarta

Taipei

Mitra Oasis House of Clinic, Jakarta

Medikaloka Health Care Clinic, Jakarta

Administrasi Medika (Admedika) Healthcare, Amerika

Other Images
Yacintha Gulö dan Suami Tercinta, Saur Simarmata S.H => Click to enlarge!

First| Previous    Next|Last

Pick Date
No Resp-Time Resp-by Address Email IP
33. Wed, 22 April 2009 15:53:44 MANDEHE MANDEHE DISTRICT mandehe@yahoo.com 125.162.53.149
we think it is a good occasion yacinta to get job in USA. we believe that someday you come back to Nias in order to dedicate your ability for nursing. Because it useless to practice there since uncle sam country is overwhelming human resources all over the world. Or for searching financial sake it is ok for material but do not become a greedy bucks seacher ok. Maybe it is good job in our hearing in Nias community, but in USA citizen is vice-versa.
34. Fri, 12 June 2009 14:42:10 Bobi M. (GERAKAN MAHASISWA PEDULI NIAS)) MEDAN bobimendrofa@yahoo.com 125.162.44.155
nice experience....

always fear of God
35. Fri, 12 June 2009 16:08:00 nani jakarta nani_wr@yahoo.com 202.47.71.115
Salut utk Yacintha Gulö.

Kesuksesan selalu berpihak pada orang yg mau bekerja keras, sabar, rendah hati, dan yg terlebih ...... takut akan Tuhan.

Pengalaman yg memberi inspirasi & motivasi.
36. Thu, 13 August 2009 01:30:14 kristin Holland nias7@hetnet.nl 84.84.230.112
yachinta apakabar...........saya pikir pernah hubungin saya via email,kebetulan ada problem dgn komputer..........sekali lagi kalo bisa tolong email sayadan juga aku ngga punya face book.Alamat emailku tetep sama.
salam dari Belanda...............yaahowu.
37. Wed, 21 October 2009 15:44:44 Tarsisius y jakarta guapengenjadipilotzero@yahoo.c 222.124.198.185
apakah masih ada pertemuan untuk membahas peluang ke luar negeri? saya ingin mencari tahu tapi alamat email ibu apa? yang saya dengar butuh biaya banyak untuk sekedar ikut ujian rn. saya kuliah di stik sint carolus dan agustus akan wisuda. tapi masih bingung cara kerja ke luar negeri.
38. Mon, 02 November 2009 00:05:56 Bedizaro Laia Montet bedizaro_night_sun@yahoo.com 84.253.54.67
Dear Yacintha Gulö,

Selamat ya atas kesuksesannya. Saya sebagai orang Nias merasa sangat bangga dan bahagia membaca Riwayat hidup Ita bagaimana cara dan perjuangan untuk sukses. Saya sangat menghargai perjuangan dan rencanamu sebagai Putri Nias. Karena perjuanganmu luar biasa.

Harapan saya pengalamanmu itu tolong bagikan kepada Putri Nias khususnya dan orang Nias pada umumnya supaya mereka semangat... Jika ada info entah untuk beasiswa atau lowongan kerja tolong beritahu kepada teman2 kita orang Nias. Maju terus......Smoga sukses ..... Dan saya doakan.... Yaahowu fefu nono niha ! GBU

Bedi
39. Sat, 14 November 2009 15:06:57 Kamelia Bandung acihlovesnanang@yahoo.com 120.136.18.45
salam kenal ka yachinta...
saya udah add kaka di FB ada messagenya juga
need your reply soon please ^^v
udah msg juga ke email kaka
terimakasih ka...
GBU
40. Sun, 15 November 2009 14:36:33 Bakhtiar Gea Ciputat - Tangerang pwkhana@yahoo.co.id 120.161.224.84
Melayani adalah karakter Yesus yang telah menjadi urat nadi orang yang percaya kepadaNya. Sebelumnya saya ucapkan selamat kepada Yachinta Gulö. Bekerja dalam dunia pelayanan dan sosial tidak hanya dengan tenaga dan pikiran tetapi harus dengan HATI yang tulus. Saya yakin bahwa anda akan tersenyum bangga, puas dan terharu ketika pasien anda dapat tersenyum menatap mata anda. Tuhan memberkati dan selamat melayani.
41. Mon, 07 December 2009 21:10:16 Hendrikus Zagoto Desa Bawomataluo hendrikus.zagoto@mail.com 118.96.10.113
I'm proud to be your villager. You are humble person. for me you are iron girl. Good luck for you. Jesus be with you now and forever.
42. Fri, 11 December 2009 00:47:36 Melius gulo Jakarta meliusgulo@ymail.com 222.124.198.190
hi yacinta,slamat ya,...kita pernah ketemu di Rs.cikini bersama sdrku Martinus Gulo,n always fear of God.
43. Wed, 16 December 2009 09:29:22 ingenias manao Telukdalam ingenias_manao@yahoo.co.id 202.127.111.178
Saya senang dengan prinsip ibu yacintha, pengalaman ibu sungguh luar biasa dan saya sangat bangga ama ibu yang bisa mewakili Negara kita dan khususnya Nias kita memberikan perawatan kepada orang Amerika. Walaupun ibu di gaji di Amerika tetapi kehidupanmu sebagai orang Nias bersama-sama dengan mereka. Akhirnya saya bangga, saya menyadari walaupun kita di Nias hidup dalam kesederhanaan dan sering mendapat bantuan dari orang Amerika perihal dalam paska bencana akhir-akhir ini tetapi saya mau katakan bahwa ibu yacinthalah yang dititipkan Tuhan untuk membalas kepedulian orang Amerika di pulau kita tercinta ini. Ibu mewakili Nias dan Indonesia pada umumnya memberikan konstribusi jasa. Walaupun Nias hidup penuh kesederhanaan dan sering berharap pada bantuan luar negri dalam paska bencana tetapi saat ini saya mo katakan bahwa nias juga sudah melakukan sesuatu buat orang Amerika. Akhirnya kometmen yang ada dalam diri ibu jangan pernah pudar. Silahkan kejar pendidikan sejak dini tapi jangan lupa pulang ke kampung halaman. Kami menantikanmu di Nias
46. Sun, 07 February 2010 14:41:00 Ama Farrel Laowo Jakarta,moh Kahfi ian_tello@yahoo.co.id 125.161.160.204
tetap konsisten,smart & do the best
47. Tue, 16 February 2010 14:21:05 YANTONIUS LAHAGU HILIDUHO YANTHO_hiliduho@yahoo.co.id 124.81.187.154
saya sangat merasa bangga sama generasi leluhur orang kita nias pada umumnya dan sama tante yacintha gulo pada khususnya saya sebagai keponakannya tante asal hiliduho desa hilifadolo kecamatan moro,o sangat puas atas hasil prestasi tante disana lho, smoga makiin gemilang n sukses aja terutama dalam kegiatan sosialnya agar bisa lebih banyak lagi memberi berkat bagi semua orang yang sangat membutuhkannya apa lagi sama orang kita nias yang sangat membutuhkan figur dan profesi apa yang tante miliki saat ini.
48. Sat, 06 March 2010 12:43:39 Rina Mustikasari malang tiy_k4@yahoo.co.id 110.138.236.100
salam knal mb...
saya ingin mndpt banyak info ttg cara mendaftar dan mempersiapkan diri untuk kerja di as... Can u help me?...:-)
kalo bs dkirikan lwat emQ ya mb..
i do hope 4 your reply....tq
49. Thu, 06 May 2010 16:24:08 Idaman Harefa Gunungsitoli idamanharefa@yahoo.com 210.79.217.14
Hi.....Ita.
Perkenalkan saya niha mbanua ba Desa Fadoro Fulölö - Lotu, satu kampung dengan Mama kamu. Yaodo ono Duau A. Oto Harefa (msh ö ingat ba ?)
Bangga sibai ndraodo wobaso perjalananmö andre nogu.
Ukenal maifu ndraugö börö me manörö-nörö'ö khö ndra Neneu ba sibayau meluo iraono ami.
Jujur, sbgai bagian dari yg dipanggil "Sibaya", saya sangat bangga, sekalipun anda tdk mengenal sy dgn baik.

Hanya satu pesan : Jadilah dirimu sendiri...Be great and Cheerful....:)
Saluttttttttttttttttttttttttttttttt........................
Maju terus.
Jgn lupa tetap dlm koridor "JALAN TUHAN." Amin.!!
50. Thu, 06 May 2010 18:43:49 Andi Halawa Jl. Pelita IV Gg Pertama No 3 Mdn Perjua andihal290487@yahoo.com 119.110.82.66
Yaahowu....so great..............

the blessing our God in you is so very wondeful... I am so happy because your struggle isneve died...

I want to be like you sister, I know that my ability is not able to make this thing...

But I believe that my ideas will be come true...

Would you like help me for making a new impression???///////

thanks for your experience, it made me understand that we can't give up for everything before tried...

thank and GBU
51. Fri, 20 August 2010 17:52:13 elman sarumaha telukdalam elsaru1986@gmail.com 110.137.24.248
yAAHOWU.

i'm Elman from nias, telukdalam. i'm so happy to know a bout a niasan woman like you. and I want to be your friend. do you have facebook account or email?
52. Fri, 27 January 2012 22:13:06 deph harefa Lahusa, Kab.Nias Selatan pengalamanhatiharefa@ymail.com 110.137.32.163
wwwwwwwwwwwwwwwwooooooooooooooooow
i like. lanjutkan
53. Thu, 15 March 2012 15:04:46 victorwan novri zendrato idanogawo victor_zend@yahoo.com 182.0.173.112
hebat-hebat-hebat sangat luar biasa doakan saya menjadi seperti kakak
54. Thu, 18 April 2013 17:45:26 usee nias island usee_cancer@yahoo.com 180.251.48.59
hi....lam kenal ya... ;)

First| Previous    Next|Last

Number of records = 49
Response:
Your Name:
City or Home Address:
Email:

Responlah dengan sopan, tidak kasar, tidak merusak nama baik pihak lain, bukan fitnah, atau tidak bersifat ancaman maupun caci-maki.

Hindari menanggapi topik / respon yang tidak layak atau tidak pantas sehingga tujuan si pembuat topik / respon tidak tercapai.

Hindari menggunakan nama samaran yang mengacu pada nama atau identitas orang lain.

©2000-2008 NiasIsland.Com. All rights reserved.

The first version was launched on 9 Sept 2000