NiasIsland.Com Logo

www.NiasIsland.Com
Providing you with some information about Nias Island

  Turia (News)
 

Thu, 14 September 2017 13:39:47
Lulusan Akpol dan PTIK Terbaik Akan Ditugaskan di Nias
Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw, tengah menggodok wacana penempatan lulusan terbaik Akademi Kepolisian (Akpol) dan Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisia ...

   

Tes Urine Mendadak, Empat Polisi di Polres Nias Positif Narkoba

   

Tersangka Kasus Korupsi Nias Water Park Segera Disidang

   

Tinjau UN di Nias, Gubsu Aminkan Harapan Menkum HAM

   

Nias Bisa Kembangkan Energi Terbarukan dari Laut

   

Proyek Pembangunan Tower Listrik di Nias Sengaja Dihentikan

   

Masyarakat Nias Protes Program Presiden Dihentikan

   

JR Saragih Siap Promosikan Potensi Pariwisata Nias Selatan

   

Seorang PNS Kabupaten Nias Hilang di Medan

   

DPN RKIH Berharap Pembangunan Universitas Negeri Nias Dipercepat

   

Pemerintah Bidik Nias Destinasi Andalan Dongkrak Kunjungan Wisman

   

Gempa 5,5 SR Guncang Nias Selatan, Tidak Berpotensi Tsunami

  Index  

  Last Commented
 
 

Mon, 17 December 2018 15:01:10 | QUEEN JAMILLAH | INDONESIA | 129.205.114.31
DPRD: Rencana Konversi Karet di Nias Dipertanyakan99 Responses

 

Fri, 14 December 2018 16:17:58 | febri | Gido | 114.125.57.115
Free Download MP3 Lagu-lagu Nias1 Responses

 

Sun, 25 November 2018 18:23:31 | max william | Kuwait city | 106.223.10.9
Bupati Nias Selatan Diangugerahi Gelar "Balugu Solag Nahn"1 Responses

 

Sun, 25 November 2018 15:36:18 | domino777.net | philipine | 202.124.34.131
Asal-usul Orang Nias Ditemukan22 Responses

 

Mon, 12 November 2018 09:08:38 | Emanuel halawa | Pematang siantar | 114.125.22.114
Ir Sudirman Halawa SH Ketua DPD Himpunan Masyarakat Nias Sumut1 Responses

 

Sat, 10 November 2018 12:03:30 | SoonVah | | 185.41.128.34
NIAS ECONOMIC FORUM / FORUM EKONOMI ONO NIHA2 Responses

 

Wed, 07 November 2018 10:54:32 | ronny kurniawan | Yogyakarta | 119.82.244.86
COMPASSION MINISTRY61 Responses

 

Wed, 05 November 2008 09:38:22
Liputan Junianto Dachi langsung dari Nias Selatan
Bupati Nias Selatan Diangugerahi Gelar "Balugu Solag Nahn"
Mazin, Nisel (NiasIsland.Com)

Balugu Solag Nahn => Click to enlarge!Masyarakat 4 Desa di Kecamatan Mazin yaitu Desa Hilizalo'otan, Hilinawal Mazin, Lawindra dan Hilizorilawa, secara resmi menganugerahkan gelar Balugu Solag Nahn Kepada Bupati Nias Selatan F. Laia usai kegiatan Peresmian Jembatan Idano Mazin (27/10) di halaman Balai Desa Hilizalootano Kecamatan Mazin Nias Selatan. Balugu Solag Nahon (pemimpin yang melindungi rakyat) pada masyarakat Nias Selatan.

Dengan pemberian gelar tersebut berarti Bupati Nisel F. Laia bukan lagi hanya pemimpin formal di Kabupen Nias Selatan, namun juga secara resmi diangkat sebagai pemimpin adat yang diharapkan dapat melingungi di wilayah-wilayah yang telah mengangkatnya sebagai Balugu Solag Nahn.

Diiringi permainan musik yang dikoordinir tokoh muda Mazin Rendos Halawa, kegiatan syukuran Peresmian Jembatan dan Pemberian Gelar dimulai dengan acara penyambutan secara adat. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian gelar Balugu Solago Nahono kepada Bupati Nisel F.Laia dan Ibu Bupati Nisel.

Pemberian gelar yang merupakan rangkaian kegiatan perayaan peresmian jembatan Idano Mazin ini memberikan makna yang mendalam bukan saja bagi masyarakat 4 desa di Mazin dan Bupati F. Laia, namun juga menunjukan betapa masyarakat kecil di desa-desa sangat menghargai pembangunan yang melibatkan mereka secara langsung dengan pola BLM (bantuan langsung masyarakat). Masyarakat desa yang sederhana dan tidak berpendidikan tinggi itu sepertinya mau mengatakan, kami adalah subyek pembangunan, dan jika Anda mempercayai kami, penghargaan tinggi akan kamu dapatkan.

Betapa tidak, jembatan sepanjang 27 M yang biasanya hanya bisa dikerjakan oleh kontraktor berpengalaman, ternyata dapat dikerjakan secara gotong royong oleh masyarakat. Sulit dibayangkan, pembangunan jembatan ini hanya mengandalkan tenaga manusia dengan pola BLM (bantuan langsung masyarakat) dengan peralatan seadanya, seperti cangkul, sekop dan parang. Masyarakat yang turut bekerja pun bukan insinyur lulusan universitas terkemuka atau tukang-tukang berpengalaman.

Mereka umumnya hanya berpendidikan sekolah dasar, dan bahkan banyak diantaranya tidak bersekolah sama sekali. Tetapi, sama seperti sulitnya membayangkan bagaimana masyarakat tradisional Nias Selatan sejak zaman purba telah membangun kampung dan rumah adat dengan arsitek dan struktur bangunan yang dikagumi dunia, anak cucu mereka pada zaman ini pun tentunya memiliki ketrampilan dan kearifan serupa yang dapat dikembangkan untuk menunjang pembangunan Nias Selatan yang lebih baik.

Masalahya pembangungan yang katanya untuk masyarakat tapi justru selalu menyepelehkan masyarakat. Inilah yang mungkin menyebabkan, jangankan membangun rumah adat yang baru, untuk memperbaiki rumah adat yang ada saja sulit dan bahkan banyak orang berpikir merobohkan bangunan rumah adat yang ada dan menggantikannya dengan bangunan rumah modern. Sementara itu, masyarakat menjadi semakin rentan secara ekonomi, mudah dimanipulasi dan bangunan-bangunan modern menjadi pembunuh utama seperti pada kejadian gempa bumi yang menimpa Nias 28 Maret 2005 silam.

Ketua KP4D (Komite Percepatan Pembangunan Prasarana Pemukiman Desa) Serius Zebua yang mengorganisir masyarakat mengerjakan jembatan dalam sambutannya menuturkan bagaimana mereka mengumpulkan masyarakat dan mengajak mereka secara bersama dan gotong royong mengerjakan jembatan. Masyarakat yang mulanya ragu namun akhirnya bersatu paduh dan bahkan dengan berbesar hati menyumbangkan hasil keringat mereka selama mengerjakan jembatan tersebut untuk sumbangan swadaya masyarakat.

Serius Zebua juga menjelaskan rincian pembiayaan jembatan dan penggunaan anggaran bantuan BRR Perwakilan Nias secara terbuka kepada lebih dari 1.000 orang warga yang hadir dalam acara suyukuran ini. Ini adalah bentuk nyata dari transparansi dalam pembangunan, demikian tutur Serius Zebua yang disambut hangat oleh warga.

Kepada Desa Bawolahusa yang memberikan sambutan mewakili Kade-Kades yang lain menyatakan bersyukur bahwa sejak merdeka barulah menikmatai adanya jembatan di Idano Mazin. Ia menyampaikan terima kasih kepada BRR yang telah memberikan bantuan dan juga kepada para fasilitator BRR yang telah dengan sabar menemani masyarakat. Selanjutnya mewakili tokoh masyarakat Ama Karvein, mengutarakan kebahagiannya atas adanya jembatan tersebut dan menyampaikan permintaan agar Pemkab Nias Selatan melanjutkan pembangunan Jalan, Kantor Camat dan Sekolah. Hal senada disampaikan oleh Camat Mazin Yanto Gohae.

Kepala BRR Distrik Nias Selatan Heracles Lang dalam sambutannya menyampaikan bahwa penyelesian jembatan merupakan tonggak sejarah penting bagi masyarakat dan pemerintah. Selanjutnya Heracles menuturkan masih ada beberapa program yang telah teralokasi di daerah Mazin, seperti melalui program R2PN (Rehabilitasi Rekonstruksi Pulau Nias ), program bantuan dari SRC (Spanish Red Cros), ADB (Asian Development Bank) dan berbagai program lainnya.

Bupati Nias Selatan F. Laia menyatakan bahwa Pemerintah Daerah menerima dengan senang hati Jembatan Idano Mazin. Ia mengharapkan masyarakat memelihara dan memerintahkan agar Dinas Kimpraswil Nisel memperhatikan dan turut merawat jembatan tersebut. Selanjutnya ia menyampaikan terima kasih atas pemberian gelar Balugu Sondrafo Nahono (Junianto Dachi, BRR).

Other Images
Kaum Ibu pada Acara Penganugerahan Gelar Balugu Solag Nahn => Click to enlarge!

First|Previous    Next|Last

Pick Date
No Resp-Time Resp-by Address Email IP
1. Sun, 25 November 2018 18:23:31 max william Kuwait city maxcreditfinance@gmail.com 106.223.10.9
Do you need Finance?
Are you looking for Finance?
Are you looking for a money to enlarge your business?
We help individuals and companies to obtain loan for business
expanding and to setup a new business ranging any amount. Get a loan at affordable interest rate of 3%, Do you need this cash/loan for business and to clear your bills? Then send us an email now for more information contact us now via Email:maxcreditfinance@googlemail.com

First|Previous    Next|Last

Number of records = 1
Response:
Your Name:
City or Home Address:
Email:

Responlah dengan sopan, tidak kasar, tidak merusak nama baik pihak lain, bukan fitnah, atau tidak bersifat ancaman maupun caci-maki.

Hindari menanggapi topik / respon yang tidak layak atau tidak pantas sehingga tujuan si pembuat topik / respon tidak tercapai.

Hindari menggunakan nama samaran yang mengacu pada nama atau identitas orang lain.

2000-2008 NiasIsland.Com. All rights reserved.

The first version was launched on 9 Sept 2000