NiasIsland.Com Logo

www.NiasIsland.Com
Providing you with some information about Nias Island

  Kese-Kese (Discussion)
 
 

Sun, 28 May 2017 22:57:07 | Erikson Zendrato | Medan_Perjuangan
perkumpulan marga zendrato17 Responses

 

Sun, 28 May 2017 22:27:55 | Darwin Deni Erikson Zendrato | Medan
KENAPA KATA, MAAF "BATU SOYO" DI SEBUT "MOGAAI BANIO"DI NIAS DI SEBUT MEMAKI?12 Responses

 

Sat, 27 May 2017 22:22:40 | hetiaro buulolo | desa amorosa kec.ulunoyo nias sela
APAKAH DI NIAS MASIH DIBUTUHKAN PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PLN)?13 Responses

 

Wed, 10 May 2017 13:28:52 | hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.Ulunoyo Nias sela
Sumber Air Bersih di Kabupaten Nias Barat3 Responses

 

Tue, 09 May 2017 20:03:29 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa Kec.Ulunoyo Nias Sela
Apa arti marga-marga di Pulau Nias?9 Responses

 

Sat, 29 April 2017 17:07:06 | David Karyaman ndruru | Nias
YANG TIDAK PERLU DITIRU DARI KARAKTER ORANG NIAS29 Responses

 

Wed, 19 April 2017 18:00:28 | jojon.. | Jakarta Timur
Artis Sinetron Asal Nias83 Responses

 

Fri, 14 April 2017 14:24:16 | yusama halawa, | 081263415389
Pesan untuk Nias-ku "9 Desember " Memilih dengan HATI bukan dengan IMING - IMING "2 Responses

 

Thu, 13 April 2017 17:38:52 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa Kec.Ulunoyo Nias Se
Tanya Situs Forum Komunikasi Pemuda Nias15 Responses

 

Wed, 05 April 2017 17:07:07 | hetiaro buulolo | Desa Amorosa Kec.Ulunoyo Nias Se
4 Caleg DPR RI siap menuju Senayan Jakarta. Siapa Mereka ?52 Responses

 

Sat, 01 April 2017 06:32:28 | DennisElale |
Как быть, если ребенок заболел?

 

Thu, 30 March 2017 12:36:12 | TITIAMAN ZEBUA | NIAS
Ruang Curhat Alumni SMU 3 Gunungsitoli79 Responses

 

Sun, 26 March 2017 18:17:25 | hetiaro buulolo | Desa Amorosa kec.Ulunoyo Nias Se
Apa yang dapat saya lakukan untuk Nias18 Responses

 

Wed, 22 March 2017 12:16:10 | Hetiaro buulolo | Desa Amorosa Kec.Ulunoyo Nias Se
Bisnis Judi Eksklusif Sebagai Solusi Percepatan Pembangunan di Pulau Nias34 Responses

 

Wed, 15 March 2017 20:19:08 | Williampoils |
Не идут продажи с сайта?

 

Tue, 14 March 2017 03:57:59 | Mr Fredrick | alle
Buat kamu yang merasa Alumni SMK BNKP Gunungsitoli106 Responses

 

Sat, 11 March 2017 20:54:31 | Galensoymn |
Частные клиники могут лечить вас практически за копейки

 

Fri, 10 March 2017 21:52:08 | Hendi novarlin hia | Surabaya
Kapan Kepulauan Nias Jadi Provinsi9 Responses

 

Tue, 07 March 2017 23:13:58 | BrandonSoogs |
Хотите начать SEO продвижение?

 

Sun, 19 February 2017 16:15:22 | michael | OHIO
IDE GILA BUPATI NIAS SELATAN, UNTUK MEMAJUKAN INDUSTRI PARIWISATA DI PANTAI SORAKE.86 Responses

  Index | Add New Topic  
11/5/2007 18:38:17 | al-eeii, medan | IP: 222.124.3.226
1,222 YANG TIDAK PERLU DITIRU DARI KARAKTER ORANG NIAS 29 Responses
Salah satu karakter yang sanga t keliru bagi kita, khususnya masyarakat Pulau nias adalah adanya pandangan pandangan yang salah yang telah tertanam selama bertahun-tahun dalam masyarakat, dan hal ini sangat sulit dihilangkan karena sudah dianggap tradisi.

Yang saya maksudkan disini adalah kebiasaan seperti :
1). Kebiasaan buruk seperti cepatnya naik darah, tidak berpikir panjang dan suka menang sendiri.

2). suka melihat temannya jatuh dan bukan saling membantu, bahkan dalam lingkungan keluarga sekalipun.

3). Kebiasaan buruk seperti senangnya menerima gratisan dan sejenisnya, mental yang kurang berwirausaha, pasrah pada keadaan, dantidak mau maju.

4). Tertutup kepada setiap orang dan tidak mau mendelegasikan, tidak mau berbagi, dan yang ada dalam hati adalah aku, aku dan aku.

4). Iri yang berkelanjutan, kebiasaan yang telah dianggap tradisi yang salah dan terus dilakukan dan terus dipertahankan, sulit menerima perubahan.

5). Merasa menang sendiri, tidak percaya diri, merasa hebat kalau sudah/sedang merokok/mengganja sekalipun.

6). Keras kepala dan tidak mau diajarin, meras sok dan hebat.

7). Ketidakjujuran, suka berbohong dan bahkan yang lebih memprihatinkan adalah ada aja yang pulang Pulau Nias yang berasal dari tanah rantau, mengaku bekerja dalam sebuah perusahaan besar, memang betul sih, hanya saja perusahaan BECAK. Malu nggak sebagai orang Nias ?


Nah, ini hanya segelintir saja tentang kebiasaan buruk ini, dan memang diakui bukan selluruh orang nias melakukan hal ini, tetapi kebanyakan melakukannya.

Bagaimana menurut saudara, mungkin ini salah atau benar, silahkan berikan komentar anda.

KESE-KESE belum tentu berisi diskusi ilmiah atau mengandung kebenaran universal (tergantung pada opini pribadi masing-masing). Jadi pembaca harus bijaksana memilah-milah mana yang benar dan mana yang tidak.

KAMI memiliki hak (bukan kewajiban) meng-edit bahkan menghapus Kese-Kese yang menurut kami tidak layak.

ISI serta akibat atau pengaruh Kese-Kese adalah di luar tanggung jawab NiasIsland.Com.

PEMBACA harus telah menyetujui semua klausa di atas sebelum berselancar di halaman KESE-KESE.

First|Previous     Next| Last

Pick Date
No Resp-Time Resp-by Address Email IP
1. 11/5/2007 18:54:10 Maru Medan maru@yahoo.com 125.162.42.123
Wao..cukup kompit nih...

Moga anda aja yang sempurna.....
2. 12/5/2007 06:37:07 Aventinus Zebua Jakarta azebua@natpetindo.com 64.110.142.169
Saya setuju tentang sebagian besar komentar di atas, namun mungkin tidak semua orang Nias memilikinya.

Saya ingin berbagi tentang satu pengalaman yang tidak pernah saya akan lupakan. Ceritanya sebagai berikut :

Sekitar setahun yang lalu, disebuah acara resmi saya dan Idaman Gea yang berstatus sebagai karyawan disebuah perusahaan minyak di Jakarta, mendapatkan ungkapan yang menyakitkan "seperti disambar petir".

Pada saat kami diperkenalkan kepada manajemen mereka manggil nama dan asal kami " Nias".
Saat istri pemilik perusahaan mendengar bahwa kami dari Nias, langsung secara spontan di mengatakan bahwa orang NIAS itu pemalas. Betapa memalukan dan saya berkata kepada si Gea " He Gea lo pernah so niha zanguma'o simane da'a" Afokho si bai.

Lantas kami selidiki dari mana Ibu ini tahu ? tentu saja dia pernah berkunjung di Nias dan membangun beberapa sekolah setelah kejadian bencana gempa.

Kemudian saya kembali ke ruangan kantor saya dan mengatakan kepada Gea : Mari kita jadikan penyataan yang menyakitkan ini menjadi satu hal yang positip dan kita jadikan sebagai motivasi untuk maju. Saya dan Gea sampai sekarang masih bekerja di perusahaan minyak ini.

Akhir kata saya mengatakan bahwa : mari kita menunjukkan bahwa orang Nias bukan bangsa PEMALAS. Hanya anda dan saya dan kita semua yang bisa merubah pandangan ini.

Saohagolo Talifuso gu.
3. 12/5/2007 14:09:31 bogo-bogo medan eman_waruwu@yahoo.co.id 202.152.175.182
Pendapat diatas sah-sah saja sebagai Opini, tapi alangkah lebih baik lagi kalau disamping hal-hal yang tidak perlu ditiru diatas saudara juga menjelaskan hal-hal yang perlu ditiru dari orang Nias..............saohagolo
4. 13/5/2007 13:24:10 Chera Surabaya cehye@yahoo.co.id 222.124.209.2
Itu hanya segelintir, orang Nias itu banyak sisi positifnya juga.
5. 13/5/2007 21:35:32 fati eli laia Lampung fati_pardamean@yahoo.com 125.162.126.19
paradigma taiap orang beda-beda, dan sah-saja casih comment, alangkah lebih baiknya lagi jika tidak dipandang dari satu sisi saja...
banyak hal yang menjadi positif bagi kepribadian masyarakat Nias yang tidak di miliki oleh orang lain, so silahkan di perjelas lagi, demi intropeksi diri kita masing2.key
6. 14/5/2007 00:37:38 Hisambowo Duha Jakarta hazi@yahoo.com 202.74.79.94
Sifat negatif yang demikian juga ada pada orang lain/suku lain bahkan lebih negatif lagi.

Kalau anda mengenal orang karo, orang Madura, Bugis, Mandar Dll maka kita masih bisa bersyukur....hehehe

Jadi ini memerlukan proses utk memimalisasikannya, kita mulai dari diri kita masing-masing.

Thanks GBU
7. 14/5/2007 17:02:49 Adiaman Gea Nias adiama_gea@yahoo.co.id 202.174.134.114
Saya sangat setuju dengan Respons #6
Usaha kita orang nias yang sudah mengerti tentang hal itu, maka kita harus transformasi dari tradisi kuno dan menjadikan lebih baik..................Semoga yang buka Kese-Kese ini makin di berkati Tuhan dan jangan hanya mengerti kelemahan tapi bisa memberikan solusi.................
Semoga Kamu di berkati Tuhan
8. 15/5/2007 08:27:24 Harapan Zendrato Bandung arpan230868@yahoo.com 125.163.0.9
Ya, memang apa yang disampaikan pembuat topik ini ada benarnya, bahkan banyak benarnya.
Kita tidak perlu membandingkan karakter kita dengan suku-suku lain. Apakah mereka lebih baik dari kita atau lebih buruk dari kita, itu tidak penting.
Yang terpenting adalah, mari kita koreksi diri kita masing-masing, apakah karakter pribadi kita masih seperti yang diungkapkan pembuat topik ?. Kalau YA, maka mari kita bulatkan tekad (sebagai anak Nias) untuk berubah. Hal ini penting mengingat perilaku seseorang menggambarkan karakternya.
Ada 3 hal penting yang harus kita ubah :
1. Perubahan Hati
2. Perubahan Pikiran dan
3. Perubahan Perilaku

Ketiga hal diatas harus kita lakukan dengan tekad dan keinginan yang kuat. Saya yakin suatu saat Nias akan dikenang sebagai masyarakat yang menyenangkan.

Ya'ahowu !
9. 15/5/2007 16:13:16 Pieter Puri Indah phj_agape@ilovejesus.net 203.161.28.5
Maaf,saudara-saudaraku, begitu banyak kelemahan yang disoroti yang semuanya ini menunjukkan kerendahan hati, kelapangan dada, serta keberanian untuk jujur untuk menunjukkan kekurangan diri. Tetapi mari juga dibarengi dengan kelebihan yang dimiliki oleh orang Nias. Yuk, biar komplit instropeksinya, mari beri sumbangsih kelebihan-kelebihan orang-orang Nias yang saya cintai. God bless us all.
10. 15/5/2007 23:09:07 Liora Johor Baru Malaysia Liora_@yahoo.Com.Sg 202.75.133.25
Kesempurnaan hanya ada pd Tuhan.Manusia ada keterbatasan namun sebagai manusia ciptaan Tuhan yg telah diberi akal budi tentunya dpt menimbang mana yg baik dan yg mana yg tidak baik.Kembali kemasalah topik diatas memang kita orang nias memiliki sifat"tsb.buat sy wacana ini akan memotifasi kita pribadi lepas pribadi untuk mengoreksi diri.kita tak perlu malu menerima diri sebagai orang nias yg bersifat demikian.mari kita buang sifat"itu demi kemajuan kita bersama.Ya'ahowu...
11. 16/5/2007 09:15:53 Rinrin Jakarta rinrin_gulo@yahoo.com 61.94.128.76
Topik ini sedikir menghibur, karena agak keluar dari pakem isu politik yang sekarang lagi top news di ruang ini. Masalah sifat orang Nias memang dari dulu lebih banyak seperti yang diungkap di atas, bahkan kebiasaan ini masih sulit dilepas meskipun sudah keluar dari "Hulo". Tetapi sejauh yang saya lihat dalam kenyataan sekarang, ada satu lagi sifat yang menonjol yaitu sifat orang Nias yang pengecut, dalam artian tidak mau dikritik, dan selalu mencari-cari alasan untuk membenarkan diri. Satu hal yang saya sedikit sorot dengan perilaku para pemimpin Nias: contoh penyaluran bantuan di Nias Barat, secara nyata pengumpulan dana itu awalnya ditujukan untuk kepentingan masyarakat kita yang mengalami musibah, eh..malah sisa dana ynag belum disalurkan, dikatakan, "keputusannya akan diserahkan kepada forum". Saya sangat bingung dengan kredibiltas para ketua panitia dan panitia saat itu, Anda ini mau 'ngapain sih? Tidak ada alasan untuk Anda menggunakan dana itu untuk kepentingan pemekaran Nias Barat. Tetapi yang jelas dana itu Anda harus segera salurkan untuk masyarakat Nias Barat yang menderita. Karena itu sudah jelas-jelas menjadi hak mereka. Kalau untuk kebutuhan kampanye anda yah... mestinya Anda ukur kemampuan kantong Anda bukan berharap dari dana sumbangan masyarakat itu. ini persoalan mentalitas para calon pemimpin .. sehingga kesimpulannya adalah tidak salah jika sebagian besar masyarakat Nias Barat mempertanyakan kredibilitas Calon Pemimpin Nias Barat itu. Layakkah mereka menjadi Satua enoni niha mbanua?saohagolo!
12. 16/5/2007 11:55:02 Harapan Zendrato Bandung arpan230868@yahoo.com 125.163.14.235
Inilah salah satu problema kita seperti yang diungkapkan pembuat topik diatas.
Saya pernah mendengar sebuah pameo yang mengatakan : "Kalau Indonesia adalah makhluk korupsi, maka Sumatera Utara (termasuk Nias) adalah kepalanya".
Saya sih berharap ungkapan itu tidak sepenuhnya benar, namun saya yakin itupun tidak semuanya salah.
Namun secara pribadi saya bersyukur dengan kemajuan teknologi (internet) sekarang ini, kita bisa mengungkapkan apa saja yang selama ini sepertinya tabu untuk diungkapkan. Sehingga melalui media ini kita bisa intropeksi diri dan bisa belajar banyak hal sehingga lambat laun "karakter" yang selama ini membelenggu masyarakat kita sedikit demi sedikit bisa kita singkirkan.
Jangan lupa : Perubahan Hati, Perubahan Pikiran dan Perubahan Perilaku.
Ya'ahowu !
13. 16/5/2007 12:30:09 Yacintha Gulo Sacramento, CA ita_gulo@yahoo.com 67.182.166.13
Yang penting, itu kan gak semua benar. Ambil positifnya aja. Kalau mau maju, ayo, maju terus dan berusaha. Soal karakter dan lain-lain, kalau yg jelek ya diusahakan diminimalisir, dan kalau ada yg baik dikembangkan. Kalau saudara kita pernah di cap "jelek" dan kita juga ikut kena getahnya, bukan berarti kita akan jadi sama kalau kita tidak seperti itu.Toh, lambat laun orang akan melihat dan membedakannya. Semua itu butuh proses, namun kalau kita berusaha keras, Tuhan akan melihat dan akan memberikan apa yg setimpal utk kita terima. Maju terus dalam Tuhan dan dalam usaha.Walau di cap jelek, biasanya sich itu semacam stereotype aja, kita harus bisa menunjukkan bahwa itu tdk selamanya benar, karena itu hanya individual saja. Tuhan memberkati
14. 16/5/2007 12:32:14 Bawamenewi Jakarta Resy_Daeli@yahoo.com 222.124.51.153
hehehehe...yang kaga-kaga aja yang dibahas!!!!! heii ... ga perlu ngomongin kejelekan orang Nias.. ga ada untungnya, anda termasuk orang Nias kan?? jadi kalau anda ngomong tentang kejelekan yang tidak boleh ditiru dari orang Nias berarti andalah orangnya yang begitu buruk kelakuannya.
15. 16/5/2007 17:47:45 berkat batam island berkat_80@yahoo.com 203.130.193.10
respon no #02
bp bilang sedang bekerja di perusahaan minyak.
kalau boleh tau minyak apa nich ?
minyak makan, minyak rambut atau minyak wangi..?itu aja dech.
sapa tau sy membutuhkan bantuan masalah minyak ini
tks salam dari berkat batam
16. 16/5/2007 21:41:34 grace p s ndraha unpad_bandung selvy_valentino@yahoo.com 124.81.123.238
ngomong apa ya???
teuing euy..eh salah..lo uila hadia niwaogu
maybe yes maybe no....(iklan X bo....)
mank bener seh...kebiasaan yang buruk dari Qt, tapi itu kan ga semua org Nias ngelakuinnya juga..masih bnyk koq sisi positif dari Qt..
+keuletan qt
+semangat qt
+karakter qt yg ramah, pokoknya mah byk deh...
aq ud ngerasainnya, pengalamanQ, ga smua orang lain menganggap qt Nias seperti itu, bahkan ada byk yg ngomong sebaliknya dan beljr dari kebiasaan unik qt..

Btw sekali2 bikin tulisan yang sebalik.x bagus juga tuh..
17. 17/5/2007 18:16:28 nolo jakarta nolo_zamasi@yahoo.co.id 219.83.2.56
hi...talifuso, begini aja. berbicara karakter itu hal yang mudah diomongin tetapi sulit diubahkan. nah ini sedikit info dari saya:
karakter seseorang bisa diubah oleh karena:
1. Lingkungan (keluarga, sekolah, dsb). artinya yang tua menjadi telada dan panutan bagi yang masih muda (tentu dalam hal yang baik)
2. Kerohanian. artinya semakin kita mengenal Tuhan maka semakin kita mengenal diri sendiri, sehingga kita tidak menggunakan hidup kita dengan sia-sia, tetapi untuk kemuliaan Tuhan
Tuhan Yesus memberkati, daa.............Yahowu
18. 27/5/2007 01:25:43 fati bandung fati@plasa.com 222.124.158.188
ya...ya...ya...
19. 27/5/2007 11:51:49 ober g yogya lin_ugm06@yahoo.co.id 122.201.37.227
Ya, ahowu talifuso....
Tentang topik diatas saya setuju sekali dan kuucap terimakasih kepada penulis. kita perlu syukuri kalau masih ada saudara2 kita yang peduli/mengingatkan terhadap perilaku kita sebagai orang Nias. Kuyakin di dunia ini tidak ada yang sempurna,demikian juga pendapat, dllnya. Jadi untuk itu kita tak perlu tuduh menuduh/menyalahkan satu dengan yang lain. Tetapi " Halo khou sihahalo na o ila ohalo, doro khou sifadiro na o ila odoro" ini mengajak kita untuk koreksi diri, mengambil hikmah dari sebuah pendapat orang lain. Masalah kritikan suku/orang lain pada orang Nias seperti yang pernah dialami sdr. Z dan G, menurut saya itu wajar karena mengkritik itu adalah Hak pribadi, jadi bebas mengkritik tetapi ingat " Biarkanlah orang lain mengkritik kita, tetepi jadikanlah dia heran dan bodoh terhadap kritiknnya itu sendiri" dalam arti kita dapat buktikan bahwa kita itu bukan pemalas, pembohong, dll melainkan yang terbaik...... mottoku" Kritiklah Daku Demi KemajuanKu.
Saohagolo.
20. 28/5/2007 10:20:19 Bebalazi Gea Sawц. Kec.SAWЦ beba_gea@yahoo.co.id 195.189.142.167
Ya'ahowu fefu ira talifusцgu.Kritikan dari saudara diatas sangat saya dukung demi kemajuan daerah kita NIAS tercinta.Marilah bersama-sama membangun Nias.Terlebih-lebih buat saudaraku yg berada diluar P.Nias,saya harapkan kita kembali ke Nias untuk membangun daerah kita.Tapi walaupun kalian tak kembali,tolong kalian memberi yang terbaik buat atau berbuat sesuatu untuk NIAS Kita.Akhir kata saya ucapkan Ya'ahowu!,,.Saya adalah anak NIAS yg masih sekolah di SMA3 gunungsitoli

First|Previous     Next| Last

Number of records = 29
Response:
Your Name:
City or Home Address:
Email:

Responlah dengan sopan, tidak kasar, tidak merusak nama baik pihak lain, bukan fitnah, atau tidak bersifat ancaman maupun caci-maki.

Hindari menanggapi topik / respon yang tidak layak atau tidak pantas sehingga tujuan si pembuat topik / respon tidak tercapai.

Hindari menggunakan nama samaran yang mengacu pada nama atau identitas orang lain.

©2000-2008 NiasIsland.Com. All rights reserved.

The first version was launched on 9 Sept 2000