NiasIsland.Com Logo

www.NiasIsland.Com
Providing you with some information about Nias Island

  Kese-Kese (Discussion)
 
 

Fri, 22 June 2018 16:19:56 | MAHMUD SIMON | JARKATA
Komentar dari berita : Anggota DPR RI Eka Santosa : ... (NIC, 1/11/2008)14 Responses

 

Tue, 19 June 2018 21:38:11 | mr scott | russia
BUTUH INFO1 Responses

 

Tue, 19 June 2018 03:33:56 | mrs stella | united states
ATM Blank1 Responses

 

Mon, 18 June 2018 17:02:00 | john kin gulo | madrehe kab.niasbarat
YANG TIDAK PERLU DITIRU DARI KARAKTER ORANG NIAS45 Responses

 

Sun, 17 June 2018 10:31:44 | Efendi | Jarkatar
ALUMNI SMU N 1 LAHEWA DARI ANGKATAN PERTAMA SAMPAI ALUMNI AKHIR ZAMAN780 Responses

 

Sat, 16 June 2018 19:27:45 | vania | bsd city
Benda Sejarah Warisan Nias31 Responses

 

Sat, 09 June 2018 12:35:02 | mark snell | clare
Dapatkan pinjaman Anda sekarang dalam 48 jam3 Responses

 

Wed, 06 June 2018 15:13:07 | mr scott | russia
1 Responses

 

Mon, 04 June 2018 18:35:37 | mr scott | 22 high
PROSEDUR KREDIT USAHA RAKYAT (KUR)37 Responses

 

Thu, 31 May 2018 07:22:34 | fred | indonesia
LOWONGAN KERJA617 Responses

 

Wed, 30 May 2018 19:28:50 | James Potter | 7765465 grf stolkhom
proyek jembatan milyaran rupiah terlantar 6 tahunan1 Responses

 

Mon, 28 May 2018 01:26:21 | ENDA PUTRA GEA | 08101998
34 TOKOH MASYARAKAT DI PULAU NIAS18 Responses

 

Sat, 26 May 2018 12:07:45 | agung syahrial telaumbanua | labura aek kanopan
mencari adik ayah

 

Fri, 25 May 2018 15:31:08 | agung syahrial telaumbanua | labuhan batu utara
Cari Keluarga di Nias1 Responses

 

Thu, 24 May 2018 05:55:54 | Mayfield Investment Trust Ltd | Indonesia
Jarle Thorsen SiteTalk1 Responses

 

Thu, 24 May 2018 00:34:30 | Efendi | Jarkatar
KANTOR DPRD NIAS JADI ARENA PERJUDIAN PARA OKNUM DPRD45 Responses

 

Thu, 17 May 2018 07:51:27 | Kyla kanza zebua | Batam
Artis Sinetron Asal Nias87 Responses

 

Tue, 15 May 2018 09:11:26 | Simeon Boy Zandroto, SE, MH | Gunungsitoli
BAGI ALUMNI SMP NEGERI HILIWETO GIDO, MARI BERGABUNG50 Responses

 

Mon, 14 May 2018 15:28:09 | devina irfan | surabaya
Blog kita orang Nias1 Responses

 

Sat, 12 May 2018 08:26:04 | StephenKip |
Jarle Thorsen Kielce

  Index | Add New Topic  
Thu, 07 August 2008 14:01:36 | Berian Mei Laoli, Gunungsitoli | IP: 125.162.7.155
1,864 PROSEDUR KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) 37 Responses
PROSEDUR KREDIT USAHA RAKYAT (KUR)
MENYULITKAN MASYARAKAT KECAMATAN GIDO

NIAS

Didalam menyingkapi keterpurukan perekonomian bangsa, Pemerintah mencanangkan berbagai program-program untuk membantu perekonomian masyarakat , salah satu program Pemerintah yaitu , KUR (kredit usaha rakyat) untuk membantu usaha-usaha masyarakat mikro-kebawah agar mampu berkembang dan meningkatkan badan usaha mereka, dimana jaminannya ditanggung oleh pemeritah.
Akan tetapi program Pemerintah tersebut tinggalah program apabila tidak bisa dimanfaatkan oleh masyarakat karena prosedur-prosedur pelaksanaan program KUR yang diterapkan oleh instasi tertentu menyulitkan dan memberatkan masyarakat itu sendiri, tidak seperti yang diprogramkan oleh pemerintah.
Seperti halnya yang terjadi di masyarakat kecamatan Gido. Prosedur yang diterapkan oleh Unit BANK BRI Kecamatan Gido, masyarakat mengaku keluh dan begitu disulitkan.
“Kita sebagai warga yang punya usaha kecil-kecilan merasa disulitkan oleh prosedur KUR (kredit usaha rakyat) yang diterapkan BRI Unit Gido dalam hal diwajibkannya anggunan dari warga berupa, BPKB, AKTA tanah atau yang lainnya yang memiliki nilai harga. selain itu, adanya administrasi sekitar (Rp.150.000-Rp.200.000), juga proses lamanya pengkelaran ajuan permohonanpun kadang ada yang satu bulan lebih dan ada juga yang prosesnya hanya memakan waktu satu hari saja. “Tutur beberapa warga”.
Mendapat keterangan warga tersebut, saya mencoba konfirmasi kepada kepala BRI unit Gido (02/07/2008) tentang prosedur KUR yang diterapkan oleh unit BANK BRI Gido sejak di programkannya KUR tersebut oleh pemerintah., yang ketepatan ada ditempat saat ditemui..
Ketika ditanyai, kepala staf BRI unit Gido membenarkan bahwa program Pemerintah tentang KUR jaminannya dtanggung oleh pemerintah.
‘ perihal kita mewajibkan anggunan itu bisa dikatakan wajib, bisa dikatakan tidak. Dan soal administrasi tersebut itu tidak ada, selain dari pada berkas yang kita minta yakni; surat keterangan usaha dari kepala desa setempat dan kemudian kita survei dilapangan beserta identitas diri/keluarga. “jelasnya sembari menebar senyum’.
Dari keterangan kepala staf unit Bank BRI Gido tersebut jelas bertolak belakang dengan keterangan masyarakat. Bagaimana bisa masyarakat yang memiliki usaha mikro-kebawah bisa berkembang dan meningkatkan pereknomiannya sesuai dengan apa yang diprogamkan oleh pemerintah didalam menyingkapi keterpurukan perekonomian bangsa dan negara bila prosedurnya lain dari yang diprogramkan pemerintah serta menyudutkan masyarakat.
Masyarakat kecamatan gido mengharapkan perhatian khusus dari pemerintah atas prosedur-prosedur yang memberatkan bagi masyarakat yang berkeinginan mengembangkan dan meningkatkan badan usahanya, didalam membenahi perekonomian keluarga.


Penulis Berita



Berian Mei Laoli

KESE-KESE belum tentu berisi diskusi ilmiah atau mengandung kebenaran universal (tergantung pada opini pribadi masing-masing). Jadi pembaca harus bijaksana memilah-milah mana yang benar dan mana yang tidak.

KAMI memiliki hak (bukan kewajiban) meng-edit bahkan menghapus Kese-Kese yang menurut kami tidak layak.

ISI serta akibat atau pengaruh Kese-Kese adalah di luar tanggung jawab NiasIsland.Com.

PEMBACA harus telah menyetujui semua klausa di atas sebelum berselancar di halaman KESE-KESE.

First|Previous     Next| Last

Pick Date
No Resp-Time Resp-by Address Email IP
1. Thu, 07 August 2008 19:05:37 Hendy zendrato Makasar-sulsel Hosegarsia@yahoo.Com 195.189.142.209
KUR adalah dilema baru dalam perbankan.Masyarakat mengira itu adalah bantuan cuma2 dari pemerintah.Itu salah besar.Kur=kredit usaha rakyat.Artinya membantu usaha kecil.Kalo modal dengkul trus mau mengajukan kredit dgn usaha fiktif? Gimana pak laoli?Tentu harus di analisa dulu oleh petugas bank.Makanya gak bisa lgsg dapat dalam 1 jam.Namun kalo memang usahanya nyata dan masyarakat tau usahanya itu,1 hari pasti siap setelah admistrasi pengajuan kur itu terpenuhi.Setiap bank punya target untuk menjadi bank yg sehat,salah satu dgn meminimalisasi resiko tunggakan.Namanya kredit ada agunannya.Okelah,pemerintah tdk mensyaratkan adanya agunan,kenapa takut memberi agunan kalo kamu yakin bisa mencicil kredit itu sampai lunas?Toh,agunannya itu justru aman disimpan di bank.Pak laoli,saya pemerhati perbankan di makasar,yg saya tau.. Banyak yg niatnya mendapat uang 5jt bak durian runtuh tanpa usaha yg jelas,setelah dianalisa akhirnya di tolak pihak bank.Lalu mereka mengajukan protes kemana mana.Pemerintah tau kok gmn dilema ini.Kalo pak laoli benar2 mau berusaha,jgn takutlah memberi agunan,justru itu akan memacu pak laoli dalam berusaha.Jadikan itu sebagai pemacu anda berusaha.Satu lagi,kalo saya mengurus ktp di kecamatan saya di makasar timur,saya terkadang memberi petugas sekedar uang terimakasih atas bantuannya,saya tak dipaksa.Saya iklas dan merasa dihargai atas bantuannya.Ok pak laoli,kalo mau berusaha,jujurlah pada diri sendiri,orang lain dan pada Tuhan.
2. Tue, 19 August 2008 15:39:32 berian mei laoli gunungsitoli briandata_88@yahoo.com 125.162.14.241
pak hendi bukan gitu masalahnya adalah janganlah pemerintah itu hanya memberikan janji saya aja ngak pernah meminjam program yang dihembuskan pemerintah tapi marilah kita itu memperjuangkan nasib rakyat macam digido kalau ngak dikasih duit 150.000 dan 200.000 mana mau orang itu mencairkanya udah banyak masyarakat yang kami minta keteranganya merasa dipersulit.pak hendi sekarang coba pak hendi bayangkan karena mereka butuh terpaksa mereka ambil dana tersebut dengan kententuan dan peryaratan.."kenapa mesti harus dibedabedakan ada yang diambil jaminanya ada juga yang ngak,ada yang satu hari kelar dan nbahkan ada yang berbulan-bulan..apakah itu bukanya namanya rakus. udah banyak staf bri unit gido mengatakan kalau ngak ada jaminanya ngak akan dikasih.dan kalau ngak ada duit 150.000-200.000 mana mau orang itu ngurus.
3. Thu, 21 August 2008 16:45:22 Hendy Zendrato makasar -sulsel hosegarsia@yahoo.com 114.120.90.3
sdr Berlin ada minjam gak? Kalo Sdr Berlin tidak memenuhi syarat alias usaha pak Berlin sama sekali gak ada, dari mana sdr Berlin tau kalo ada kutipan seperti itu?? Saya sudah lama menggeluti dunia perbankan, dan kisah seperti pak berlin udah banyak saya temui. pak Berlin ini dari KPK atau wartawan?? wartawan itu harus cross cek dari dua sisi, jangan menyudutkan satu sisi saja. baru namanya sdr Berlin benar benar wartawan yang independen. tapi awas, pak berlin jangan bertamengkan keadilan tapi buntutnya adalah menakut nakuti untuk meminta uang atau semacamnya. banyak saya temui seperti itu, wartawan-wartawan dari surat kabar gurem alias tidak banyak pembacannya menjadikan profesinya itu untuk memeras oknum oknum tertentu.
4. Fri, 22 August 2008 00:14:13 Sarozawato Zai Jakarta Sarozawato@yahoo.id.com 114.120.93.131
mibahe mano walimosa he
5. Sat, 30 August 2008 19:04:07 brian Nias beriandata_88@ yahoo.com 125.162.7.165
kita sebagai mitra kita tampung semua aspirasi masyarakat itu lah yang terjadi di BRI unit gido setelah kita teliti tentang KUR ada juga yang di cairkan tanpa ada usahanya.........jadi inilah pembohongan PUBIKASI yang dilakukan oleh BRI UNIT GIDO. terhadap masyarakat.
6. Mon, 08 September 2008 14:53:49 yans jogja yans44@yahoo.co.id 202.169.224.164
yang dibutuhkan masyarakat saat ini pada pokoknya ada 3, yaitu:
1.Pendidikan bagi yang usia pendidikan
2.Pekerjaan bagi yang ingin bekerja
3.Kemudahan memperoleh dana ( seperti kredit usaha rakyat ) untuk pengembangan usaha bagi yang ingin mengambil jalur bisnis.
dengan adanya KUR itu sebenarnya mengatasi salah satu masalah pokok bangsa. jadi kalau dipersulit itu sama saja menghambat tercapainya 7an pemerintah dalam mengatasi permasalahan bangsa.
dengan semakin banyaknya kesempatan memperoleh penghasilan, maka beban hidup masyarakat berkurang.
7. Sat, 11 October 2008 14:25:08 rasyid garut radas_com@yahoo.co.id 61.94.111.25
Apa sangsi terberat apabila ada keterlambatan pembayaran atau penunggakan atas kredit yang diberikan ? Berpa suku bunganya ?
8. Sat, 11 October 2008 18:43:44 Venus Jakarta Venyus@yahoo.Com 195.189.142.51
Segebua uto man ndraniha da'a le...Hesoirugi kaziami andr dania ?
9. Tue, 21 October 2008 15:24:16 Tjiu beny ciledug krg. Mulya btjiu@yahoo.co.id 125.161.162.240
program KUR yang di berikan oleh pemerintah masih sangat sulit untuk saya dapatkan sebelumnya saya sudah meminta informasi kepada Bank Mandiri cabang GAMBIR jakarta unutk menanyakan mengenai program KUR dari pemerintah tersebut, akan tetapi dari pihak bank Mandiri cabang gambir mengatakan bahwa kita belum untuk program KUR tersebut, mala pihak bank menawarkan kredit modal usaha dengan agunan surat berharga. Saya minta tolong unutk informasi selanjut saya harus menghubungi pihakl bank mana lagi. Bank mandiri kan mrupakan bank pemerintah yang sudah cukup besar dan solid, masa untuk program seperti ini saja pihak bank megatakan belum launching.
10. Mon, 22 December 2008 14:13:14 Ibnu Garut ibnummihayati@gmail.com 125.163.83.24
heueuh, jadi rieut kana sirah udungna ge.....
11. Mon, 22 December 2008 14:14:33 Ibnu Garut ibnummihayati@gmail.com 125.163.83.24
heueuh, jadi rieut kana sirah udungna ge......
12. Mon, 12 January 2009 06:11:17 Helmy Banyuwangi helmy.rossy@yahoo.com.id 125.167.66.232
Kalau permasalahan fiktif gak fiktif itu tergantung dari orangnya, dan bagaimana bank menganalisa, sekarang aturan KUR yang benar sesuai dengan program Pemerintah maupun BRI bagaimana? Kalau Pak Hendy tahu, tolong beri tahu kami selengkap-lengkapnya, agar bila ada penyimpangan prosedur kita bisa tahu dan ambil langkah terbaik. Makasih atas resposnya.
13. Wed, 18 February 2009 20:16:08 khudori garut jawa barat khudori_garut@yahoo.co.id 125.161.130.73
Maaf say dari luar Nias ikut Nimbrung : saya dari Jawa barat mungkin sedikit ngasih masukan mudah2an berkenan :
pak hendi saya pelaku langsung yang mau pinjam kur,saya juga sependapat bahwa kur hanya untuk orang yg punya agunan penuh 100%, sdgkan yang ngak punya agunan jangan harap deh, kejadiannya sy sendiri sy pinjam ke BRI Cab katanya ngak ngelayani dibawah 50 jt katanya yg ngelayani unit sy kejar di unit katanya ngak ngelayani diatas 5jt, jadi harus kemana......?ujung-ujungnya mereka menawari kredit yg lain yg hrs ada agunan, kalau ada agunan buat apa sy cari kur.......? udah aja lsg pinjaman biasa ngak sulit n ngak rumit, perlu jg saya jelaskan bahwa usaha yang akan kami ajukan sudah berjalan 1 tahun lebih dan cash flow cukup baik, tapi boro2 mereka mau meninjau usaha kami melihat & membaca proposal kami pun mereka ngak bersedia bahkan proposalnya disuruh bawa pulang kembali, tolonglah pak hendi bila anda memang peduli rakyat kecil harusnya anda juga bisa menyikapi ini dg bijak jadikanlah ini kritik yg membangun, tlg jgn berperasangka yang buruk sy yakin maksud pak berlin baik agar semua usaha mikro dapat mengakses kredit dari perbankkan ingatlah waktu krisis tahun 1998 siapa yg mampu bertahan bukan perusahaan besar tapi usaha mikro dan menengah yang tetap eksis.
Terima kasih sebelumnya teruslah berjuang demi keadilan dan kesejahteraan rakyat kecil. amiin
14. Thu, 19 February 2009 10:49:46 roni, SPd. sambas rn amt@yahoo.co 125.160.88.45
prosuder mengajukan KUR bagaimana cara nya dan ketentuan-ketentuannya, saya sangat tertarik dengan program ini.terimakasih atas perhatiannya.
16. Sun, 15 March 2009 18:33:41 lataru makassar lataru@yahoo.co.id 125.167.222.3
saudara2 smua tau g klo HENDY it ong bank....jd wjr j lah klo ia blag gitu.
17. Wed, 18 March 2009 03:03:45 Eko Doso Dadi Utomo,SH Depok - Jawa Barat eddumitra@yahoo.com 202.70.61.12
Bila anda menjadi korban daripada kebijakan KUR oleh Bank Pelaksana Teknis penyalur, Mari bergabung bersama kami,kita akan lakukan gugatan klass action sesuai dengan keberadaan dimana anda mencoba mengajukan tetapi ditolak dan atau dipersulit.Caranya anda ceritakan kronologis kejadiannya dan ajaklah sesama rekan yang senasib. kami akan membantu anda untuk menegakkan peraturan
18. Fri, 03 April 2009 03:34:41 Helmy Banyuwangi helmyrossy33@yahoo.com 125.167.66.232
Masalahnya bukan mau tuntut menuntut Pak EKO, tapi yang penting meluruskan permasalahan. Atau setidaknya kita bisa mengingatkan Bank2 yang nakal dengan suatu ketentuan / dasar hukum yang kuat. Jadi harapan saya Pak Hendi dapat memberikan jimat yang bisa digunakan orang2 agar Bank2 yang Nakal tadi gak bisa ngomong apa2 trus ngasih orang2 dengan dana KUR yang sebenarnya.
19. Fri, 03 April 2009 13:41:46 hasan hia banda aceh, nad basri_81@yahoo.com 202.152.62.230
MUNGKIN BENAR, MUNGKIN TIDAK.........

Kasihan masyarakat kecil kali ya.......

masyarakat perlu mendapatkan info yangn jelas dan jujur tentang KUR itu sendiri.

Apakah i ni sudah disampaikan/dijelaskan dengan benar dan jujur.....?????

MANA PIHAK TERKAIT/PEMERINTAH YANG BISA MENJELASKAN HAL INI ????
kita semua butuh info JELAS DARI MEREKA....

(AQ JG TIDAK NGERTI2 X.......jadi PENGEN TAHU Nseperti apa itu KUR)
hehehehehehe....


PEACE NIAS
hasan
20. Sat, 02 May 2009 11:05:03 Dermawan Bakri solo jawa tengah dermawanbakri@yahoo.co.id 222.124.162.140
domisili saya di solo jawa tengah. saya pernah mencoba untuk bertanya2 masalah kur di salah satu unit bank BRI di kota solo. mungkin memang benar klo kur memang harus memakai agunan, katanya sekarang yang tidak pakai agunan sudah habis...
jadi yang ada kur harus memakai agunan seperti BPKB, SERTIFIKAT.
21. Mon, 01 June 2009 11:17:27 SHURON PANDEGLANG, BANTEN shuronr@yahoo.com 202.46.146.186
SAYA DARI BANTEN POKONYA JANGAN BIKIN SUSAH RAKYAT KECIL, MAU MEMBANTU KOK HARUS REPOTNYA SETENGAH MATI, TERALU BANYAK YG DIKORBANKAN. DI SEMINAR "KUR" ORANG BANK BILANG PADA SAYA DAN SEMUA POKONYA BPK2 JGN PUSING BIAR SAYA AJA (PIHAK BANK) YANG PUSING DAN MENGATURNYA SILAHKAN DATANG SAJA KE BANK KAMI (MANDIRI) KITA AKAN BANTU,.. ITU BOHONG! DAN PEMBODOHAN!... rugi saya ikut seminar itu, semua persyaratan saya lengkapi tanpa kecuali, namun sia-sia waktu datang ke bank pihak bank menyaraknkan ke bank lain dan lebih mengutamakan pinjaman biasa dibandingkan program kur huuuuh NASIIIIIB...

First|Previous     Next| Last

Number of records = 37
Response:
Your Name:
City or Home Address:
Email:

Responlah dengan sopan, tidak kasar, tidak merusak nama baik pihak lain, bukan fitnah, atau tidak bersifat ancaman maupun caci-maki.

Hindari menanggapi topik / respon yang tidak layak atau tidak pantas sehingga tujuan si pembuat topik / respon tidak tercapai.

Hindari menggunakan nama samaran yang mengacu pada nama atau identitas orang lain.

2000-2008 NiasIsland.Com. All rights reserved.

The first version was launched on 9 Sept 2000