NiasIsland.Com Logo

www.NiasIsland.Com
Providing you with some information about Nias Island

  Kese-Kese (Discussion)
 
 

Tue, 09 October 2018 10:50:38 | Pangau | Sulawesi utara
JURNAL (PROPOSAL, SKRIPSI, MAKALAH DAN ARTIKEL-ARTIKEL)226 Responses

 

Thu, 04 October 2018 19:07:35 | solusi cepat kaya | madiun
Dapatkan pinjaman Anda sekarang dalam 48 jam21 Responses

 

Wed, 03 October 2018 21:38:58 | Linda Waruwu | Jakarta
TALAU FADAHO-DAHO BA LI NONO NIHA66 Responses

 

Wed, 03 October 2018 02:23:23 | Aldino edo kurniawan | Sumatera Selatan kota bat
KONTAK JODOH2460 Responses

 

Tue, 02 October 2018 09:00:15 | Ahmed Neni | London
KANTOR DPRD NIAS JADI ARENA PERJUDIAN PARA OKNUM DPRD47 Responses

 

Tue, 02 October 2018 09:00:01 | Ahmed Neni | London
Tanya@Putera _ Aktiviti NIAS_ Kelab Pengaturcara@program ming26 Responses

 

Tue, 02 October 2018 08:56:58 | Ahmed Neni | London
ALUMNI SMA. NEGERI 01 GUNUNGSITOLI-NIAS222 Responses

 

Tue, 02 October 2018 08:56:43 | Ahmed Neni | London
SUARA Dr. YASONA LAOLI DI NIAS HASiL PENGGELEMBUNGAN29 Responses

 

Tue, 02 October 2018 07:49:52 | Ahmed Neni | London
ALUMNI SMU N 1 LAHEWA DARI ANGKATAN PERTAMA SAMPAI ALUMNI AKHIR ZAMAN782 Responses

 

Tue, 02 October 2018 07:49:31 | Ahmed Neni | London
UCAPKAN SELAMAT NATAL DAN TAHUN BARU41 Responses

 

Sun, 30 September 2018 19:30:54 | Hafrinaldo | Kerinci
BERTAHAN HIDUP DI NIAS, YA BETERNAK BABI22 Responses

 

Fri, 28 September 2018 12:59:18 | hilda | indonesia
SEJARAH NAMA NIAS, GUNUNGSITOLI, TELUKDALAM DAN PULAU TELLO239 Responses

 

Fri, 28 September 2018 12:57:30 | hilda | indonesia
KOMUNITAS ANAK-ANAK MUDA NIAS YANG ADA DI JABOTABEK58 Responses

 

Thu, 27 September 2018 09:10:07 | Martha | martini
Kendaraan bermotor untuk penyandang cacat (tuna daksa)1 Responses

 

Mon, 24 September 2018 02:05:29 | PERINGATAN LASE | Nias selatan.
Binatang rabbiesssss!!!!

 

Mon, 24 September 2018 01:45:58 | PERINGATAN LASE | Nias selatan.
Harga Komoditas Naik (Kopra, Karet, Kopi, Kakao)Di Pulau Nias Yang Tidak Pasti39 Responses

 

Sat, 22 September 2018 17:01:31 | Edis Juniver | Jakarta
BANTUAN BENCANA NIAS, APA MUNGKIN DIKORUPSI?28 Responses

 

Wed, 19 September 2018 10:19:25 | linda moore | washington dc
PATUT DI DUGA PEREKRUTAN GBD NIAS SELATAN SARAT DENGAN PERMAINAN DAN KEVURANGAN32 Responses

 

Tue, 18 September 2018 18:21:36 | ELINA JOHNSON | JAKARTA
Dibutuhkan Nama Pemegang Mandat GMN Kota GS, Nias, Nias Barat dan Nias Utara1 Responses

 

Mon, 17 September 2018 16:07:43 | NOFANOLO GULO | JAKARTA PUSAT
GAJI PNS NAIK16 Responses

  Index | Add New Topic  
21/9/2007 13:57:28 | A. SARUMAHA, BANDUNG | IP: 125.163.20.152
1,386 CARA PEMBUATAN VIRGIN COCONUT OIL (VCO) 42 Responses
Minyak kelapa murni (virgin coconut oil) merupakan minyak kelapa dengan kualitas tinggi karena tidak mengandung kolesterol, kadar air dan asam lemak bebas kecil, serta kandungan asam laurat cukup tinggi (sekitar 53%). Asam laurat adalah asam lemak jenuh rantai sedang, apabila dikonsumsi oleh tubuh akan segera terbakar sehingga menghasilkan energi dan dapat menciptakan kenetralan terhadap kolesterol.

Bentuk ubahan asam lemak dalam tubuh yang berupa monolaurin mempunyai sifat anti virus, anti bakteri dan anti jamur. Oleh karena itu minyak kelapa murni sangat bermanfaat bagi kesehatan dan keelokan tubuh. Penyakit kanker, aids, jantung, diabetes, dan obesitas dapat diatasi dengan menkonsumsi minyak kelapa murni. Sehubungan dengan manfaat yang sangat banyak, minyak kelapa murni dapat digunakan dalam industry farmasi, kosmetika, susu formula, dan minyak goreng berkualitas tinggi. Sementara ini di Indonesia, minyak kelapa murni telah dimanfaatkan dalam pembuatan sampo, deterjen, minyak gosok, minyak telon dll.

Adapun cara pembuatan minyak kelapa murni sangat sederhana, yaitu dengan fermentasi krim dari santan kelapa dengan menggunakan minyak pemancing, akan dihasilkan minyak yang berwarna jernih. Prospek produksi minyak kelapa murni di PULAU NIAS cukup bagus mengingat produksi kelapa di PULAU NIAS sangat melimpah.

LANGKAH PEMBUATAN ;

1. Daging kelapa yang sudah cukup tua (warna kulit coklat) dikupas kulitnya.

2. Daging kelapa diparut, kemudian tambahkan air dengan perbandingan 1 kg kelapa dan 2 liter air bersih, diperas untuk diambil santannya.

3. Santan dibiarkan selama 1 jam, hingga terbentuk dua lapisan yaitu bagian atas berupa krim dan bagian bawah air.

4. Air dipisahkan dari krimnya dengan cara mengalirkan air dari bagian bawah wadah.

5. Tambahkan minyak pemancing sebanyak satu sendok makan kedalam krim dan diaduk.

6. Air dipisahkan dari campuran minyak dan blondo dengan cara mengalirkan air dari bagian bawah wadah.

7. Minyak dipisahkan dari blondonya dengan cara disaring menggunakan kain saring.

8. Blondo yang terpisah masih mengandung minyak yang bisa dikeluarkan dengan cara memanaskan blondo pada suhu 100 derajat Celcius selama 10 - 15 menit untuk menggumpalkan blondonya.

9. Minyak yang dihasilkan dapat digunakan sebagai minyak pancingan pada pembuatannya minyak berikutnya.

SELAMAT MENCOBA, YA`AHOWU !

KESE-KESE belum tentu berisi diskusi ilmiah atau mengandung kebenaran universal (tergantung pada opini pribadi masing-masing). Jadi pembaca harus bijaksana memilah-milah mana yang benar dan mana yang tidak.

KAMI memiliki hak (bukan kewajiban) meng-edit bahkan menghapus Kese-Kese yang menurut kami tidak layak.

ISI serta akibat atau pengaruh Kese-Kese adalah di luar tanggung jawab NiasIsland.Com.

PEMBACA harus telah menyetujui semua klausa di atas sebelum berselancar di halaman KESE-KESE.

First|Previous     Next| Last

Pick Date
No Resp-Time Resp-by Address Email IP
1. 22/9/2007 00:26:23 romo semarang rrrromo@yahoo.com 203.159.36.10
Pak Sarumaha,
Apakah minyak pemancingnya adalah minyak VCO yang sudah jadi?
Setelah ditambahkan minyak pemancing kedalam krim dan diaduk, berapa lama didiamkan sampai dilakukan pemisahan air seperti yang disebutkan dalam langkah 6 ?
Demikian pertanyaan saya

Salam
2. 22/9/2007 11:39:26 A. SARUMAHA BANDUNG a_sarumah@yahoo.com 125.163.15.106
Pak Romo,
jawabnya; ya dan 24 jam, ya`ahowu!
3. 4/10/2007 14:57:43 vian Hulu yogyakarta vian_asics@yahoo.com 222.124.209.212
Sekedar nambah informasi.

Untuk pemancing juga bisa menggunakan getah dari pohon pepaya, getah tersebut nanti akan membantu mengurai VCO dari campuran tersebut. Prinsipnya sama seperti pemancing dengan menggunakan minyak VCO yang sudah jadi. Dari percobaan yang telah saya lakukan cara ini juga bisa dilakukan, mengigat pertama kali saya mencoba membuat VCO saya belum memiliki VCO yang sudah jadi.

Untuk pembuatan skala kecil, cara ini tidak terlalu bermasah tapi kalau untuk skala besar mungkin perlu dilakukan dengan bantuan alat.

Saya pernah mencoba membuat VCO dengan menggunakan alat penggetar, caranya VCO ditaruh dalam wadah, kemudian digetarkan menggunakan mesin. Ternyata hanya dalam waktu 15menit VCO telah jadi, namun sampai saat ini saya belum meneliti lebih lanjut tentang seberapa besar/cepat getaran yang harus diberikan. Mungkin ada yang mau mencoba??

Kalau berhasil tolong informasikan kesaya metodenya yah.
Salam
Vian Hulu, Fisika universitas Negeri Yogyakarta
vian_asics@yahoo.com
4. Tue, 03 June 2008 00:12:40 yendro malang yendro.alexs@yahoo.com 222.124.213.24
saya sangat tertarik dengan peluang bisnis minyak vco mengingat manfaat yang ada dalam minyak tersebut, tolong jelaskan jenis kelapa yang banyak mengandung minyak apakah kelapa lokal atau hibrida
5. Tue, 22 July 2008 11:49:19 fihir mataram fi.dhev@yahoo.co.id 61.8.73.214
saya lagi berusaha membuat vco dengan daun pepaya a tetapi kok ga ada hasilnya, kira-kira kesalahannya dimana ya ??
6. Tue, 22 July 2008 12:55:43 naomi agnes jakarta naomi_agnes@yahoo.com 125.161.235.28
halloouuuuuuuuuuuuuuuuuu
dunia kita.......beraneka macam,,,,,,,,
bak bunga di taman .....bermacam - macam. ada yg jelek, cantik, mekar, layu.
tetapi setelah bersatu di dalam taman, wichhhhhhhhhhhhh cantik, indah, hmmmmmmm
forum ini pun...coba kita lihat, ada yg ribut, korupsi, pembunuhan, memaki maki (yg dilakukan daniel duha) ke ibu Asniar, mukul wartawan , dll pokok e banyak.
Kita di buat kesal , marah, tegang, dalam hati. Tapi tiba tiba ketemu..VCO.........terus terang aku tertawa. kenapa...ouhhhhh dunia ini....
setelah capek selama ini , dengan persoalan 2 kota kita, hari ini kita masuk dapur diajak sdr. A Sarumaha....hahahaha ......lumayan , tambah ilmu dan siapa tau jadi pengusaha minyak......rame rame yuk...balik ke Kota Nias...................
ayoooooooooooooo......for alls.....Gbu
7. Tue, 05 August 2008 16:13:29 eka ahtryah siregar medan eQa_zadul@yahoo.com 125.162.48.204
assalamualaikum...
sore....

aku eka atryah siregar,kelas 2
eka dari smk kimia negri 3 medan
eka cuma mau bilang makasi ya...

eka jadi bisa lebih paham
cara pembutannya dan eka juga bs ngrti lebih dalam tentang vco...
8. Fri, 15 May 2009 12:03:45 yunie padang Zanniy@yahoo.com 125.162.91.47
apa ja yah yang terkandung dalam VCO, bakteri pa ja yang berperan d dalam nya
9. Thu, 28 May 2009 19:23:44 m. ramdani bandung taiucing@hotmail.com 202.93.36.78
mau tanya kalau pemancingnya pake getah pepaya berapa banyak ya?
10. Fri, 29 May 2009 02:03:53 T. Duha Jakarta talifusoda.albert@yahoo.com 202.70.61.3
terima kasih pak A. Sarumaha, usul bagaiman klo hal ini bapak buat seperti seminar atau pelatihan di pulau nias, yang dapat menggairahkan ekonomi kita?
11. Tue, 02 June 2009 10:30:50 irwansyah SMAPA PAZURU ONE PAZURU ONE hantu_X94@yahoo.co.id 125.164.116.144
Muuph,saya ingin tanya cara pembuatan VCO yang yang benar itu gimana?
cz saya ada tugas dari school disuruh membuat VCO
mohon bantuannya
12. Tue, 28 July 2009 13:06:12 thaailah Makassar kimji191985_es@yahoo.co.id 222.124.34.62
saya sorang mahasiswa yang meneliti tentang pembuatan VCO dengan menggunakan getah pepaya dari buah yang berumur 3 bulan sejak berbunga, tanpa ada pengolahan,tapi saya harus tau dulu berapa konentrat yang dibutuhkan untuk menguraikan sekitar 0,5 skim santan.mungkin ada yang pernah meneliti,minta tolong di kirimkan
13. Mon, 17 August 2009 10:28:46 moch nasir dahlan blitar mochnasirdahlan@yahoo.com 125.164.115.165
tolong dikirimkan secara detail cara pembuatan minyak goreng dengan pancingan minyak vco, ke email saya, terima kasih
14. Thu, 17 September 2009 18:49:59 tika evita kadang sulawesi tenggara _raha tikaevita@yahoo.com 203.130.244.130
saya jadi penasaran tehadap pembuatan vco ini,sebenarnya apa yang menjadi dasar sehingga minyak vco ini sangat terkenal?saya udah membaca seluruh paparan tentang vco,sekarang saya sedang meneliti untuk di trasfer ke masyarakat tetapi saya masih ragu dengan keunggulan minyak vco, karena ada pembahasan buku yang berbeda ada yang menggunakan api sedang dan ada yang tidak sama sekali menggunakan pemanasan,bagaimana memecahkan masalah ini?
15. Mon, 05 October 2009 18:06:58 Andrianto sukabumi, jawa barat mutawari@yahoo.com 202.70.61.1
senang sekali banyak orang juga yang tertarik dengan vco...saya sudah mencoba menghasilkan vco secara rumah tangga...caranya gampang sekali...namun saya masih mendapatkan tantangan untuk memasarkan vconya kemana? kalo pun saya produksi dalam jumlah banyak,.....

ada yang bisa di ajak kerjasama?



mutawari@yahoo.com
16. Tue, 08 December 2009 17:10:04 Hanifah humaira' malang Ummu_hanif@live.com 125.164.121.123
jika menggunakan bakteri pengurai..yang paling sering di pakai itu apa yah?
jika pakai Saccaromyces cerevise dengan Lactobasillus sp yang paling baik apa?. terus minyak pancing itu apa harus dari ekstrak daun pepaya?. mohon dijawab yah?.coz aq masih binggung nih mau buat vco. ad tgs kuliah soalnya n aq jadi PJ materinya tuh.!..
17. Tue, 22 December 2009 19:49:42 SALIM BONTANG KALTIM roslim_senior@yahoo.com 125.160.76.245
saya sngat setuju dengan bisnis ini, selain menyehatkan masyarakat kita..tambah2 uang saku..... salim Mahasiswa tehnik mesin KALTIM
18. Tue, 05 January 2010 10:01:23 nieno semarang nien_rahmatputra@yahoo.co.id 202.69.109.245
Sya ingin bertanya...dari pertanyaan teman2 yang di atas kalau minyak pemancing adalah VCO yg sudah jadi.
Karena saya belum pernah membuat dan berarti belum punya, bisakah menginformasikan ke saya dimana saya bisa membeli/mdptkan VCO yg sdh jadi. dan untuk harganya kira2 berkisaran brp? Tolong dibalas via email pribadi saya ya?terima kasih
19. Tue, 05 January 2010 19:57:03 desi marpoyan, pekanbaru desikrisnawati76@yahoo.co.id 125.165.96.14
saya ingin bertanya,,,ayah saya sekarang sedang sakit,sekarang lagi di rawat di rumah sakit karena penyakit magh nya yang kambuh, di tambah lagi dengan penyakit diabetesnya...kira-kira apakah tidak masalah meminum obat minyak VCo ini, sementara ayah saya diberi obat dokter juga!!!!!! saya harap pertanyaan saya dapat dijawab,,,terimakasih sebelumnya.
20. Tue, 02 February 2010 06:12:08 gonogini metro gonogini_dhani@yahoo.co.id 122.49.225.2
saya pernah mencoba tapi hasilnya warna minyak tidak bisa bening tetap kuning seperti minyak pada umumnya padahal yg saya lihat vco yg sudah di kemas warnanya bening

First|Previous     Next| Last

Number of records = 42
Response:
Your Name:
City or Home Address:
Email:

Responlah dengan sopan, tidak kasar, tidak merusak nama baik pihak lain, bukan fitnah, atau tidak bersifat ancaman maupun caci-maki.

Hindari menanggapi topik / respon yang tidak layak atau tidak pantas sehingga tujuan si pembuat topik / respon tidak tercapai.

Hindari menggunakan nama samaran yang mengacu pada nama atau identitas orang lain.

2000-2008 NiasIsland.Com. All rights reserved.

The first version was launched on 9 Sept 2000