NiasIsland.Com Logo

www.NiasIsland.Com
Providing you with some information about Nias Island

  Kese-Kese (Discussion)
 
 

Sat, 17 August 2019 09:45:41 | Christy Morris | indonesia
SALUT...!!! Pj.BUPATI NIAS BARAT YANG BARU DrS.SUDIRMAN WARAWU PERDULI DENGAN NASIB PARA CPNS FORMAS28 Responses

 

Sat, 17 August 2019 09:42:15 | Christy Morris | indonesia
KARAKTER DAN KETELADANAN PEMERINTAH DAERAH NIAS14 Responses

 

Sat, 17 August 2019 09:28:53 | Christy Morris | indonesia
Mata Pancing atau Mancing mania....13 Responses

 

Sat, 17 August 2019 09:17:03 | Christy Morris | indonesia
Jangan Tertiupu...WASPADALA HHHH......( Toko Emas )10 Responses

 

Sat, 17 August 2019 09:09:22 | Christy Morris | indonesia
NGO's MEDAIR "LOCK OUT" PEKERJA MENUNTUT HAK NORMATIFNYA5 Responses

 

Sat, 17 August 2019 09:03:07 | Christy Morris | indonesia
ALUMNI SMU 3 GUNUNGSITOLI YANG TERCINTA12 Responses

 

Sat, 17 August 2019 06:28:17 | FRADESY RIRITIA | JAKARTA
Tanya@Putera _ Aktiviti NIAS_ Kelab Pengaturcara@program ming110 Responses

 

Sat, 17 August 2019 06:19:35 | FRADESY RIRITIA | JAKARTA
Dapatkan pinjaman Anda sekarang dalam 48 jam359 Responses

 

Sat, 17 August 2019 05:36:24 | FRADESY RIRITIA | JAKARTA
Bagaimana nasib masyarakat sesudah berakhir masa tugas BRR di Nias14 Responses

 

Sat, 17 August 2019 04:55:35 | FRADESY RIRITIA | JAKARTA
SARASEHAN Tema "PERANAN PEMUDA MEWUJUDKAN KEPULAUAN NIAS YANG MANDIRI PASCA PEMEKARAN"+ HIBURAN RAKY11 Responses

 

Fri, 16 August 2019 10:29:07 | FRADESY RIRITIA | JAKARTA
UCAPKAN SELAMAT NATAL DAN TAHUN BARU71 Responses

 

Fri, 16 August 2019 10:08:38 | FRADESY RIRITIA | JAKARTA
HURA TAX CONSULTING16 Responses

 

Mon, 12 August 2019 05:50:55 | ALL GLOBAL GRANT LOAN | JAKARTA
KANTOR DPRD NIAS JADI ARENA PERJUDIAN PARA OKNUM DPRD60 Responses

 

Mon, 12 August 2019 05:49:57 | ALL GLOBAL GRANT LOAN | JAKARTA
Bagaikan Telur di Ujung Tanduk : Upaya untuk Mempertanyakan Bagaimana Nasib Guru-guru yang sedang Me7 Responses

 

Sun, 11 August 2019 19:21:58 | ALL GLOBAL GRANT LOAN | JAKARTA
TIKET PESAWAT WINGS TUJUAN NIAS MENJELANG NATAL MAHAL BANGET22 Responses

 

Sat, 10 August 2019 04:23:43 | ALL GLOBAL GRANT LOAN | JAKARTA
ALUMNI SMU N 1 LAHEWA DARI ANGKATAN PERTAMA SAMPAI ALUMNI AKHIR ZAMAN826 Responses

 

Sat, 03 August 2019 23:03:59 | alim wira pratama | Jln. iman bonjol
ORANG NIAS SUKA BERTENGKAR?35 Responses

 

Thu, 01 August 2019 05:02:40 | Nurliana Novi | jakarta
Bagaimana kelangsungan Nias Barat setelah terbentuk kabupaten17 Responses

 

Tue, 30 July 2019 16:42:10 | Efendi Queen Lisa | Indonesia
TERRANO HITAM BB 1023 W MILIK SIAPA ?5 Responses

 

Mon, 29 July 2019 09:39:48 | Angga Annisa | JAWA
LOWONGAN KERJA627 Responses

  Index | Add New Topic  
11/5/2007 18:38:17 | al-eeii, medan | IP: 222.124.3.226
1,222 YANG TIDAK PERLU DITIRU DARI KARAKTER ORANG NIAS 65 Responses
Salah satu karakter yang sanga t keliru bagi kita, khususnya masyarakat Pulau nias adalah adanya pandangan pandangan yang salah yang telah tertanam selama bertahun-tahun dalam masyarakat, dan hal ini sangat sulit dihilangkan karena sudah dianggap tradisi.

Yang saya maksudkan disini adalah kebiasaan seperti :
1). Kebiasaan buruk seperti cepatnya naik darah, tidak berpikir panjang dan suka menang sendiri.

2). suka melihat temannya jatuh dan bukan saling membantu, bahkan dalam lingkungan keluarga sekalipun.

3). Kebiasaan buruk seperti senangnya menerima gratisan dan sejenisnya, mental yang kurang berwirausaha, pasrah pada keadaan, dantidak mau maju.

4). Tertutup kepada setiap orang dan tidak mau mendelegasikan, tidak mau berbagi, dan yang ada dalam hati adalah aku, aku dan aku.

4). Iri yang berkelanjutan, kebiasaan yang telah dianggap tradisi yang salah dan terus dilakukan dan terus dipertahankan, sulit menerima perubahan.

5). Merasa menang sendiri, tidak percaya diri, merasa hebat kalau sudah/sedang merokok/mengganja sekalipun.

6). Keras kepala dan tidak mau diajarin, meras sok dan hebat.

7). Ketidakjujuran, suka berbohong dan bahkan yang lebih memprihatinkan adalah ada aja yang pulang Pulau Nias yang berasal dari tanah rantau, mengaku bekerja dalam sebuah perusahaan besar, memang betul sih, hanya saja perusahaan BECAK. Malu nggak sebagai orang Nias ?


Nah, ini hanya segelintir saja tentang kebiasaan buruk ini, dan memang diakui bukan selluruh orang nias melakukan hal ini, tetapi kebanyakan melakukannya.

Bagaimana menurut saudara, mungkin ini salah atau benar, silahkan berikan komentar anda.

KESE-KESE belum tentu berisi diskusi ilmiah atau mengandung kebenaran universal (tergantung pada opini pribadi masing-masing). Jadi pembaca harus bijaksana memilah-milah mana yang benar dan mana yang tidak.

KAMI memiliki hak (bukan kewajiban) meng-edit bahkan menghapus Kese-Kese yang menurut kami tidak layak.

ISI serta akibat atau pengaruh Kese-Kese adalah di luar tanggung jawab NiasIsland.Com.

PEMBACA harus telah menyetujui semua klausa di atas sebelum berselancar di halaman KESE-KESE.

First| Previous    Next|Last

Pick Date
No Resp-Time Resp-by Address Email IP
46. Wed, 04 July 2018 20:29:58 Argi egi pratama Jakarta timur Argipratama35@gmail.com 120.188.32.7
Menurut saya yg bukan orang nias.sifat negatif seperti itu bisa saja di miliki oleh orang di lain di luar dari suku nias,masalah sifat adalah masalah personal bukan universal.kalw anda mengelompokan dalam bentuk universal,anda salah besar.saya yakin semua suku mengajar kan hal yg baik.
47. Sun, 04 November 2018 16:44:16 Mawar Mawarros50@yahoo.com Mawarros50@yahoo.com 116.206.31.51
Saya tidak setuju dengan yang membuat penulis ini
48. Sun, 04 November 2018 16:46:04 Mawar Mawarros50@yahoo.com Mawarros50@yahoo.com 116.206.31.51
Orang nias gak sekeras orang batak,,orang batak kasar dan sangat kasar
49. Sun, 04 November 2018 16:48:08 Mawar Mawarros50@yahoo.com Mawarros50@yahoo.com 116.206.31.51
Orang nias gak sekeras orang batak,,orang batak kasar
50. Mon, 10 December 2018 19:54:39 Mawar Mawarros50@yahoo.com Mawarros50@yahoo.com 116.206.38.57
Memang betul sih tapi banyak yg positifnya contohnya baik sopan ramah tegas dan terbuka pada semua orang jadi saya pesankan bahwasanya kita harus lebih baik lagi itu aja yg saya sampaikan lebih kurang saya minta mohon maaf assallamuallaikum wr
Wb
51. Thu, 13 December 2018 20:53:54 Mawar Mawarros50@yahoo.com Mawarros50@yahoo.com 116.206.30.33
Saya kembali berpesan :gak semuanya suku tersebut mempunyai hal sepertu itu banyak yg mempunyai suku suku lainnya yg mempunyai sifat tersebut saya memberi pesan kita harus terbiasa berbuat baik supaya allah memberikan pikirannya baik dan jangan berbuat jahat dan kita harus menghindarkan kejahatan dari pikiran pribadi masing masing supaya orang melihat dirinya dipadandang orang baik dan kita harus sabar apabila seeorang berkata tidak baik terhadap diri pribadinya dan kitapun harus jangan kalah dengan seseorang tersebut dan kita jadi manusia haruslah sabar menerima dan kita harus menerima cobaan ya namanya hidup harus berjuang harus maju untuk di berikan allah swt untuk berpikir terlebih dahulu jadi yg harus tidak ditiru itu tersebut:1~ mengubah pola pikir,2~mengubah akal dan pikiran,3~mengubah perilaku jadi itu saja yg sampaikan semoga masyarakat nias dan suku lainnya mengerti jadi itu saja yg saya sampaikan semoga penjelasan dari saya berguna dan bermanfaat dalam kehidapan manusia untuk berbuat sesuatu haruslah berpikir terlebih dahulu untuk menggunakannya
52. Sun, 16 December 2018 10:54:46 Mawar Mawarros50@yahoo.com Mawarros50@yahoo.com 116.206.31.49
Kritikan di atas saya dukung ini suatu pelajaran yg baik bagi kita jadi saya ingatkan jadilah suku nias yg lembut dan tidak kasar dan harus ramah sama orang jangan sombong jangan sok hebat intinya jangan sombong jangan sombong itu aja yg saya sampaikan semoga bermanfaat😊😊
53. Mon, 17 December 2018 15:35:06 Mawar Mawarros50@yahoo.com Mawarros50@yahoo.com 116.206.38.50
Saya kembali berpesan untuk suku nias tercinta
~Mulai sekarang suku nias sudah untuk mau mulai maju
~mulai sekarang sudah berubah untuk mulai baik
~mulai sekarang sudah mulai baik,ramah,dan suka menolong
~mulai sekarang sudah berprilaku baik
~mulai sekarang sudah untuk mulai maju
jadi suku nias harus maju,berbuat untuk baik lagi kita sesama manusia jangan sombong jadi itu saja yg saya sampaikan apabila ada kata kata saya kurang lebihnya saya mohon maaf
Itu saja semoga kata kata saya bermanfaat terimakasih
54. Sun, 13 January 2019 16:36:27 danadani danadani22061@gmail.com danadani22061@gmail.com 116.206.31.36
Tolonglah tak usah jelek jelekkan suku nias dan suku karo
Semua tuh tergantung pada diri masing masing gak nias kek gitu kebanyakan karo dan batak kek gitu
55. Sun, 20 January 2019 00:11:29 Eli Christian Gea Medan, Indonesia elichristiangea@gmail.com 116.206.31.48
Sah-sah saja jika Anda beropini seperti ini. Namun alangkah baiknya Anda menggunakan kata-kata yang lebih halus tidak terlihat sangat menjatuhkan suatu suku dan kebudayaan orang lain/ kebudayaan sendiri (menurut saya ini sangat frontal), apalagi di forum publik seperti ini, saya kira kita harus menggunakan kata-kata yang lebih baik.

Mungkin beberapa hal yang Anda sebutkan di atas adalah benar tetapi kembali bahwa karakter yang Anda sebutkan di atas adalah pada "OKNUM" dan bukan pada suku / budayanya.

Saya yakin, lebih banyak sifat-sifat baik yang melekat pada orang2 bersuku Nias daripada yang Anda sampaikan.

Cobalah membuat suatu opini yang berimbang dengan menyertakan nilai-nilai positif dari orang2 yang bersuku Nias yang patut ditiru semua orang. Saya pikir orang Nias adalah pekerja keras, bertanggungjawab terhadap tugas yang diemban, jujur,sangat menghormati orang tua, dan masih banyak lagi.

Saya melihat kemajuan yang positif terjadi kepada suku dan kebudayaan kita ini, mulai dari pendidikan, norma, dan KeRohaniannya.

Mari kita sama-sama belajar untuk beropini di ruang publik apalagi dengan konten yang sangat sensitif seperti ini.

Satu hal lagi yang ingin saya sampaikan kepada TS, bahwa opini yang telah Anda buat ini telah terpublikasikan di internet, sekarang semua orang hanya melihat Orang-Orang bersuku Nias di sisi NEGATIF nya saja. Siapa yang harus bertanggungjawab?

Terimakasih.
56. Sun, 20 January 2019 00:32:07 Eli Christian Gea Medan, Indonesia elichristiangea@gmail.com 116.206.31.48
[ Lanjut ]...

Anda harus tau bahwa konten yang telah Anda buat ini telah terpublikasikan di Internet. Alangkah sedihnya jika perusahaan-perusahaan melihat dan membaca opini "KACAU" yang Anda buat dan percaya begitu saja bahwa semua orang-orang bersuku Nias memiliki karakter yang tidak baik, Anda sendiri telah mempersulit orang-orang Nias untuk dipekerjakan oleh perusahaan.

Perlu Anda ingat " Semua karakter baik atau buruk melekat pada INDIVIDUAL / OKNUM nya " bukan pada Suku dan Budanyanya.

Saya membaca Disclaimer di bawah situs website ini "Responlah dengan sopan, tidak kasar, tidak merusak nama baik pihak lain, bukan fitnah, atau tidak bersifat ancaman maupun caci-maki. Hindari menanggapi topik / respon yang tidak layak atau tidak pantas sehingga tujuan si pembuat topik / respon tidak tercapai.Hindari menggunakan nama samaran yang mengacu pada nama atau identitas orang lain".

Apakah disclaimer ini tidak berlaku untuk Konten yang telah dibuat oleh si TS ini ?

So, untuk Admin situs NiasIsland.com, Mohon untuk mempertimbangkan apakah konten ini pantas DIPLUBIKASIKAN atau HARUS DIHAPUS.
57. Sun, 20 January 2019 00:37:19 Eli Christian Gea Medan, Indonesia elichristiangea@gmail.com 116.206.31.48
Saya menelusuri di pencari Google dengan Keyword "Kelebihan Nias" Tapi saya melihat Artikel ini di halaman pertama di pencarian Google.

Satu kata untu si TS " A*U "
58. Sun, 20 January 2019 00:43:44 Andre Medan, Indonesia andre86b82luaxz65@gmail.com 116.206.31.48
FUCK YOUR OPINION
59. Mon, 21 January 2019 13:20:30 Sapi Bandung Sapi63786@gmail.com 116.206.38.58
DASAR TOLOL BUAT OPINI UNTUK MENGGILIR ORANG MEMBENCI NIAS
60. Mon, 21 January 2019 13:22:29 Rani Depok ranizlkhu7156@gmail.com 116.206.38.58
Bikin opini yang gak mendasar. GOBLOK
61. Mon, 21 January 2019 13:26:40 Dhani wrw Binjai Dhani66rwu72@gmail.com 116.206.38.58
Bahasa Anda berantakan sekali. Mungkin sama dengan karakter Anda atau mungkin lebih hancur?

Melihat kekurangan orang lain tp gk ngelihat kalau dia punya karakter dan sifat yg lebih BUSUK. TS TOLOL
62. Mon, 21 January 2019 13:41:00 Smender Kisaran Smedner628111@yahoo.com 116.206.38.58
Ini orang kalau ngomong kayak ANJING asal GongGong aja, malah ini orang lebih parah daripada ANJING
63. Sat, 23 February 2019 22:03:12 Hendrik gunawan lase Manokwari papua barat gunhedlase@gmail.com 180.253.184.208
Salam saya dr rantau.Ya'aahowu....sy anak nias.lahir surabaya, besar di manokwari papua barat.marga alm ayah saya lase.saya ingin mengenal nias dan budayanya.khususnya bahasa daerah nias.tp agk sulit kyknya krn kita sdh terbiasa dgn kehidupan majemuk d sini.jd harap maklum..dan sy ingin menanggapi masukan pada topik di atas.klu sya sendiri dan kedua saudaraq gk punya sifat sepwrti yg di sebutkan di atas..mkn krn kami sudh mandiri sejak kecil krn keadaan yg harus membuat kita seperti itu...jd dgn pengalaman pribadi sya itu bukan faktor bawaan namun itu faktor alam dan lingkungan yg membuat tangapan saudara seperti itu dan sya yakin semua bisa berubah asal ada kemauan..saya bisa kamu jg pasti bisa..mari bergotong royong dan menjaga nama baik nias untuk lebih baik dan lebih maju..mf klu ada salah kata.
64. Thu, 28 March 2019 21:30:31 Dlaw 20-+ Stelbrankhan@495gmail.com 114.124.201.229
Bagi yang merasa dirinya cobalah rubah tapi bagi yang tidak merasa jd pancarkan sinar kebaikan kepada orang yang tidak tahu apa artinya hidup ini dan arahkan mereka kejalan yang benar ...
65. Fri, 03 May 2019 00:08:14 darwin zebua riau darwin.lazuardi@yahoo.com 36.71.234.97
orang nias rata rata bigot (modus rohani) .... banyak yang munafik.
suka pake modus agama agar terlihat baik.... padahal otaknya kotor

First| Previous    Next|Last

Number of records = 65
Response:
Your Name:
City or Home Address:
Email:

Responlah dengan sopan, tidak kasar, tidak merusak nama baik pihak lain, bukan fitnah, atau tidak bersifat ancaman maupun caci-maki.

Hindari menanggapi topik / respon yang tidak layak atau tidak pantas sehingga tujuan si pembuat topik / respon tidak tercapai.

Hindari menggunakan nama samaran yang mengacu pada nama atau identitas orang lain.

2000-2008 NiasIsland.Com. All rights reserved.

The first version was launched on 9 Sept 2000