NiasIsland.Com Logo

www.NiasIsland.Com
Providing you with some information about Nias Island

  Kese-Kese (Discussion)
 
 

Sat, 25 May 2019 09:11:56 | Temas | Jl. Sudirman
DINAS KESEHATAN KABUPATEN NIAS BARAT12 Responses

 

Fri, 24 May 2019 21:51:10 | QUEEN JAMILLAH | INDONESIA
SUARA Dr. YASONA LAOLI DI NIAS HASiL PENGGELEMBUNGAN79 Responses

 

Fri, 24 May 2019 21:48:03 | QUEEN JAMILLAH | INDONESIA
Tanya@Putera _ Aktiviti NIAS_ Kelab Pengaturcara@program ming62 Responses

 

Fri, 24 May 2019 21:14:01 | QUEEN JAMILLAH | INDONESIA
Mata Pancing atau Mancing mania....4 Responses

 

Fri, 24 May 2019 17:33:57 | Arab Credit Group | indonesia
Dapatkan pinjaman Anda sekarang dalam 48 jam214 Responses

 

Fri, 24 May 2019 10:04:25 | Angga Annisa | JAWA
UCAPKAN SELAMAT NATAL DAN TAHUN BARU54 Responses

 

Thu, 23 May 2019 16:13:42 | dodi | indonesia
ALUMNI SMU N 1 LAHEWA DARI ANGKATAN PERTAMA SAMPAI ALUMNI AKHIR ZAMAN797 Responses

 

Thu, 23 May 2019 10:42:14 | Arab Credit Group | indonesia
Bagaimana kelangsungan Nias Barat setelah terbentuk kabupaten15 Responses

 

Wed, 22 May 2019 14:02:56 | Aly Chiman | Via Pasquale Scura 107
KONTAK JODOH2468 Responses

 

Sun, 19 May 2019 13:02:07 | RAMADHAN ISLAMIYAT LOANS | e32ddf1e
HURA TAX CONSULTING9 Responses

 

Fri, 17 May 2019 11:41:17 | CREDIT FINANCIAL GROUP | indonesia
DIRGAHAYU RI Ke-665 Responses

 

Wed, 15 May 2019 09:53:20 | QUEEN JAMILLAH | INDONESIA
TIKET PESAWAT WINGS TUJUAN NIAS MENJELANG NATAL MAHAL BANGET13 Responses

 

Mon, 13 May 2019 06:49:46 | connie morgan | hill road
BAGAIMANA TANGGAPAN ANDA MENGENAI PEMBENTUKAN PERSATUAN REMAJA DAN PEMUDA NIAS SEINDONESIA (PRPNS)8 Responses

 

Sat, 11 May 2019 05:41:00 | Laurie Jane Spyros | Malaysia
SALUT...!!! Pj.BUPATI NIAS BARAT YANG BARU DrS.SUDIRMAN WARAWU PERDULI DENGAN NASIB PARA CPNS FORMAS24 Responses

 

Wed, 08 May 2019 16:18:12 | Hennager | NEW YORK
Dibutuhkan Nama Pemegang Mandat GMN Kota GS, Nias, Nias Barat dan Nias Utara8 Responses

 

Wed, 08 May 2019 12:16:52 | QUEEN JAMILLAH | INDONESIA
Bagaimana nasib masyarakat sesudah berakhir masa tugas BRR di Nias3 Responses

 

Tue, 07 May 2019 02:29:37 | indriaty manirjo | jakarta
KARAKTER DAN KETELADANAN PEMERINTAH DAERAH NIAS7 Responses

 

Fri, 03 May 2019 12:48:41 | ISKANDAR LESTARI KREDIT PERSATUAN | indonesia
Bagaikan Telur di Ujung Tanduk : Upaya untuk Mempertanyakan Bagaimana Nasib Guru-guru yang sedang Me5 Responses

 

Fri, 03 May 2019 00:08:14 | darwin zebua | riau
YANG TIDAK PERLU DITIRU DARI KARAKTER ORANG NIAS65 Responses

 

Thu, 02 May 2019 10:18:03 | Proklamasi Halaw, s.kom | kota bekasi
ADA BERAPA BANYAK ORGANISASI MASYARAKAT NIAS YANG ADA DI MEDAN DAN KOTA-KOTA LAIN?9 Responses

  Index | Add New Topic  
28/10/2004 08:36:32 | Taosisi, Jakarta | IP: 202.73.122.20
213 APA KONTRIBUSI ORANG TIONGHOA DI NIAS? 73 Responses
Tulisan ini bukan mengangkat isu ras ke arah pertikaian. Tulisan ini hanya mengundang saudara-saudara semua membahas dan membagi pengamatan kita atas keberadaan orang Tionghoa di Nias.

Di kancah dunia, orang Tionghoa atau lebih dikenal dengan nama Cina, tersebar di mana-mana. Mereka sudah banyak menjadi pemain utama di Amerika Serikat khususnya di bidang perdagangan. Pernah pemerintah Amerika terheran-heran menyaksikan keuletan dan kemajuan orang Cina di bidang ekonomi. Si Acen yang mengekspor barang dari luar negeri dan yang mengimpornya di Amerika adalah si Acung. Ini sebuah fakta betapa orang Cina sudah mulai menguasai dunia.
Di Indonesia, di Zaman kolonial Belanda, Orang Tionghoa menjadi ras nomor dua dalam pembagian status sosial pemerintah kolonial Belanda. Tak heran jika mereka sejak zaman penjajahan sudah banyak menjadi pengusaha dan menikmati berbagai kemudahan untuk berbisnis.
Di zaman Suharto, orang Cina mendapat tekanan dari pemerintah. Atas alasan Komunis, orang Tionghoa dibatasi hak-haknya di bidang politik. Mereka hanya diijinkan berusaha di ibu kota negara, kota propinsi dan kabupaten. Mereka dilarang masuk desa dengan alasan agar warga pribumi mendapat kesempatan untuk mengembangkan usaha yang basisnya menurut Suharto di pedesaan.
Alhasil, kebijakan Suharto atas keberadaan orang Tionghoa tersebut justru membuat orang-orang Tiongho semakin berjaya dibidang ekonomi. Karena hanya bidang itulah satu-satunya yang dapat membuat mereka bertahan hidup. Hasilanya sekarang ini hampir 70 % ekonomi Indonesia dikuasai oleh orang Cina. Padahal persentase mereka kurang lebih 3 % dari total jumlah penduduk Indonesia.
Sekarang di mana-mana orang Cina menguasai hampir selurh sektor-sektor ekonomi mulai dari perbankan, properti, industri sampai perjudian.

Di Nias, orang Cina sudah memegang kunci perekonomian. Lihat jalan Sirao di jantung kota Gunung Sitoli yang menguasai pertokoan tersebut adalah orang Cina. Kapal barang dan beberapa kapal penumpang juga pemiliknya orang Cina. Mereka juga bisa menentukan harga karet, nilam, kopra dan sebagainya dari penduduk.

Bagaimana sebenarnya kontribusi orang Cina di Nias? Pembauran mereka, intelektual, adat, agama dan pengaruh mereka di bidang perekonomian Nias? Tanggapan saudara-saudara sangat dinantikan di milis ini.

KESE-KESE belum tentu berisi diskusi ilmiah atau mengandung kebenaran universal (tergantung pada opini pribadi masing-masing). Jadi pembaca harus bijaksana memilah-milah mana yang benar dan mana yang tidak.

KAMI memiliki hak (bukan kewajiban) meng-edit bahkan menghapus Kese-Kese yang menurut kami tidak layak.

ISI serta akibat atau pengaruh Kese-Kese adalah di luar tanggung jawab NiasIsland.Com.

PEMBACA harus telah menyetujui semua klausa di atas sebelum berselancar di halaman KESE-KESE.

First| Previous    Next|Last

Pick Date
No Resp-Time Resp-by Address Email IP
54. 20/12/2006 17:58:16 Gaebo'ole amerika gaeboole@yahoo.com 202.6.239.122
ooooo..hhhhh
ternyata gaada yosa zo hapus daO,...ba razo...? uwalinga haniha sa...?
laua lee ga'a no osondra zisokhi khou... ya iotolo'o malaika dumbao.

Yaduhu..
55. 21/12/2006 13:21:02 Ama Böi Tabe'e Arab Saudi a@b.com 202.123.228.161
Hadia-hadia manö komentar mi andrö ba da'a, lö mo'eluaha sökhita mi'alui danö bö'ö komentar sibaga-baga
no'ahatö khö wanunu fandru ba döfi sibohou ena'ö tahaogö gamuatada böi gara-gara topik da'ö ba ta'andrö horö nawöda, böi he .......
Ya'ahowu Fefu .....
56. 21/12/2006 13:37:12 Ama Wa'onekhe Dadaoma Zalawa AW@yahoo.com 202.4.243.138
Duhu sibai niwa'omo Balugu Ama Boi Tabe'e. Hana mano wa dali ahato wanunu fandru faoma dofi sibohou awena tahaogo gamuatada bale, ha wa'asokhi ena'o na ba zi sagoto dofi na ta'eha-ehao gamuatada ero ma'okho, ma tenga ia andro Balugu?
Ya'ahowu fefu.
57. 21/12/2006 14:24:27 Chairuddin Ambong Pejaten PS Miinggu, Jakarta Selatan chairuddin_ambong@yahoo.com 202.147.244.244
Bicara kontribusi apa yang sudah kita berikan kepada daerah tempat kelahiran dan bangsa tidak hanya diperuntukkan kepada etnis keturunan saja, tapi merupakan tanggungjawab semua orang tanpa membedakan suku, agama dan ras tertentu. Lagian, kok hari gini masih bicara tentang kontribusi dari etnis tertentu. Sampean sendiri kontribusinya apa. perlu diketahui etnis tionghoa indonesia merupakan bagian yang tak terpisahkan dari gerak sejarah perjalanan terbentuknya entitas bangsa Indonesia. Jadi, mereka pun sudah diakaui sebagai salah satu etnis di Indonesia. Kita bisa lihat pengaruh budaya Tionghoa dalam kebudayaan, bangunan temapt-tempat ibadah maupun tradisi lainnya dalam kebudayaan bgs Indonesia. Jadi, etnis Tionghoa itu ya, bagian dari berbagai macam etnik/ suku di nusantara ini.Kl sekarang mereka lebih maju di bidang ekonomi, ya mungkin memang mereka berbakat disitu, bukan berarti suku lainnya tidak berbakat dalam bisnis. Orang Padang misalnya kalau anda berjalan ke tanah abang maupun senen, para pedangangnya kebanyakan orang padang. Para sopir metro mini dan PPD di Jakarta kebanyakan orang Batak, apa kita juga perlu pertanyakan kontribusi mereka terhadap daerah dimana mereka berpijak saat ini.

Ya, jadi kira-kira begitulah bung komentar saya atas tema yang dilontarkan diatas, semoga bisa memberikan pencerahaan bagi kita semua. Selamat Natal dan Tahun Baru 2007
58. 21/12/2006 16:11:37 ian sbt banten sun_clg@yahoo.com 202.152.230.2
saya kira ini orang cina harus kita pelajari karakternya,kerena menurut agamannya(konghucu) yang saya dengar,katanyta orang cina itu kalau pintar sekolah sampe tinggi,kalo bodoh jadi penjagga toko. gitu katanya.
59. 21/12/2006 17:09:09 ARO WARUWU ( ITE ) Jl. Perjuangan No. 72 CIREBON 0818629000 aro@olympindo.co.id 125.163.109.0
Kata org bijak " Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina" !
JADI...
Kita jgn malu dan mengakui bahwa memang org Cina rata2 mempunyai kelebihan dlm bidang Bisnis dan Perdagangan !
Jgn malu utk belajar !
Belajar bukan berarti Rendah !
Rendah diri pasti akan Ditiggikan !
Udah Tinggi, jgn lupa sosial dan Peduli kpd sesama dan bahkan kepada fakir miskin jg !....
60. 23/12/2006 21:34:03 Benny Giawa Bogor jazz_kid_benniez@yahoo.com 125.160.98.231
Yaahowu saudara Razo

terimakasih banyak atas tanggapannya, memang dalam demokrasi setiap orang bisa memberi pendapat secara bebas tetapi dengan cara tertentu (tidak sewenang-wenang saja) sesuai dengan "hakekat demokrasi" itu sendiri, so maaf dari saya pribadi kalau saudara Razo tersinggung saya ucapkan "selamat hari natal dan tahun baru", Mohon maaf Lahir dan Bathin

Mengenai masalah ras, saya setuju dengan tanggapan saudara Waruwu Resp. 59 dan Resp. 57

Yaahowu fefu!
61. 17/9/2007 00:05:25 Kurniawan MALANG harry_channel@yahoo.com 125.164.127.125
Saya orang Pribumi asli, orang Tionghoa adalah sahabat saya. Mengapa masih ada driskriminasi daiantara kita???
Sekali lagi, saya merasa orang Tionhoa adalah sahabat dekat saya!
62. 17/9/2007 12:37:58 A. SARUMAHA BANDUNG kelenteng@bratachem.com 125.163.1.131
salah satu kontribusi etnis tionghoa dinias adalah mereka paling gampang dijadikan sapi perah dan kambing hitam oleh saya.
63. 17/9/2007 12:42:09 Bekhu zai'ö Hogu nakhe bekhu_zaio@yahoo.com 222.124.53.191
Cape....deeh......ngurusin orang......
Ha itako ami Bakhu zai'ö heee......
64. 17/9/2007 13:19:07 denny Jakarta denny@yahoo.com 210.210.131.144
saya rasa Moderator harus bisa memilih topik yang pantas untuk dibicarakan bersama, kalau dianggap bisa menjurus ke isue SARA harus di berhentikan atau di delete.
saya seorang keturunan cina, saya lahir dan besar di pulau tello... kalau di pertanyakan apa kontribusi orang china di nias.. mari kita lihat di segala sektor kehidupan di nias, pertama yang bisa menggerakkan ekonomi di nias adalah transportasi yang menghubungkan nias dengan daerah lain, orang nias bisa, mampu, mau membeli/menyediakan kapal...
cb di bayangkan apabilan tidak ada kapal... orang nias akan berhubungan dengan dunia luar dengan apa ..? apakah memakai perahu.... ??? setelah ada perhubungan kemudian perdangangan, orang china membeli bahan pokok dari luar dan membawa ke nias, sehingga semua orang yang ada di nias dapat menikmati hasil nya, dan setelah itu orang cina membeli hasil bumi di nias. dari sinilah roda kehidupan akan berputar, dimana ada transaksi jual beli.
salam buat saudara yance dari pulau tello. mungkin anda tidak begitu mengenal saya karena anda merantau sudah lama, mungkin anda mengena ayah saya, Ma Chin Tek / Ismail.
65. 17/9/2007 17:15:58 romo semarang rrrromo@yahoo.com 203.159.36.10
Topik ini boleh juga, cuma sebaiknya responnya agak berimbang karena spt kata res# 64 orang cina juga banyak jasanya.
66. 17/9/2007 17:31:30 ORG GUSIT ASLI NEE Dari Sabang sampe Merauke kurt_generation_club@yahoo.com 219.83.101.165
Bro,,, kalo maw taw kontribusi orang keturunan tionghoa, jangan liad dari apa yang udah ada sekarang. Liad dari sejarah kalo dulu, Nias gha bakal maju kalo seandaynya gha maw nerima orang asing yang maw dagang. Orang China sama dengan orang arab & Aceh, padang, India yang masuk ke Nias dengan berdagang. Kalaw seandainya mereka tidak masuk ke Nias, kita gha bakal taw dunia luar bro aliaz kita ketinggalan. Kita lama kembangnya. So, kita jangan ada sentimisme kalaw hanya orang Nias Asli yang punya kontribusi pada Nias. Sudah sejak berabad2 yang lalu, etnis Tionghoa, Arab dan India masuk Nias dan memperkenalkan perdagangan. Mereka udah jadi pelopor sehingga Nias bisa maju. Coba bandingin ajha ma daerah yang gha ada China nya, pasti sangad ketinggalan aliaz gha maju2. Rata2 mereka bergerak di bidang memajukan ekonomi di Nias.

Yang penting, mereka sudah mencatat sejarah berabad2 silam di Nias terutama di Gunungsitoli, sampai2 orang Gunungsitoli asli mengenal daerah2 seperti perkampungan China, perkampungan India (keling) dan perkampungan Arab. Ataw mana taw, ANDA saja yang baru kenal Gunungsitoli, Ibukota Nias tercinta,,,,
Baru ngerasain kota ya bro????
67. 18/9/2007 16:16:55 onisokhi gunungsitoli onisokhi@yahoo.co.id 202.182.165.126
kenapa setiap orang selalu membenakan suku / ras / agama di setiap wilayah RI / emang yang buat topik ini hidup di negara mana ? anda juga orang asing di kampung orang/////
68. 18/9/2007 20:43:28 japan medan boetonkk2@yahoo.co.id 125.162.1.9
kita smua saudara??? orang nias, cina,batak ,padang,dlll...terutama yang ada dinias ...kita jagn iri dengan kemajuan dari RAS tertentu.....kita sebaiknya belajar dari kemajuan tersebut.!!!! betul gak. .....?
NIAS akan maju jika kita smua dari berbagai RAS yang berada di NIAS TERCINTA saling mendukung satu sama lain .@@@@@!!!!!!!fakta kan udah jelas NIAS semakin didepan itu kata YAMAHA...###### mengenai topik ini kembali kemasyarakat .because..... jangan ada luka diantara kita .............HIDUP NIAS .....maju terus pantang mundur..........topik nya ditambah dong ?????/mengenai pembangunan Nias. ?kapan nias bisa Mendirikan pabrik 2.nias kn banyak hasil alam nya .karet, nilam, kopra .dll....kita sebagai orang nias harus memikirkan itu....gimana....menarik kn ????? ....salam peace buat nias dari orang - orang nias yang ada diperantauan ...nah kita harus minta dukungan dari segala RAS tulllll........... kn.....
69. 19/9/2007 13:31:06 Anwar Bali Denpasar antona_war@yahoo.com 125.160.121.31
Saya mengutip komentar 58 dari banten "saya kira ini orang cina harus kita pelajari karakternya,kerena menurut agamannya(konghucu) yang saya dengar,katanyta orang cina itu kalau pintar sekolah sampe tinggi,kalo bodoh jadi penjagga toko. gitu katanya." saya setuju banget. janganlah kita menjadi pecundang dan jgn iri kesuksesan orang lain.. !!!! ???? GITU AJA REPOTTTTTT .. CAPEK DEH....
70. 19/9/2007 13:45:25 Anwar denpasar Bali antopna_war@yahoo.com 125.160.121.31
Dulu waktu kecil saya teringat ada seorang Penjahat kelas kakap Namanya TAOSISI, dia paling di takuti dan terkenal sangat sadis...dan kejam terhadap korban2nya.. kira2 apa hubungannya ya.. dengan saudara Taosisi yang mengangkat topik ini....

Yaahowu fefu...
Nias
71. 19/9/2007 14:40:56 DJ de Lau Jakarta darmavictory@yahoo.com 202.182.166.187
Kontribusi saya, kamu, kita, dan mereka untuk membangun Tano Niha itu sudah seberapa besar? Itu pertanyaan inti dari Topik ini menurut saya. Ya'ahowu.
72. 19/9/2007 15:47:26 A. SARUMAHA BANDUNG a_sarumah@yahoo.com 125.163.13.47
SAUDARA TAOSISI, ANDA MUNGKIN PERLU MEMBACA BUKU TENTANG ASAL USUL MASYARAKAT NIAS SEBELUM ANDA MENULIS TOPIK TSB DIATAS KARENA SAYA YAKIN BAHWASANYA SAYA ADA HUBUNGAN DGN ORANG CHINA DARATAN DISANA, SEBAGAI BUKTINYA; SAYA SERING DIDAMPRAT/DIMAKI DENGAN PERKATAAN "CHINA KAU"!!! WALAUPUN BUKAN SAYA YANG BERSALAH ATAU PANGGILAN NGKO/KOKO BAGI SAYA DAN TEMAN-TEMAN SAYA LAINNYA SEPERTI MADO DAKHI DLL , APAKAH INI DAPAT DIKATAKAN SEBAGAI KONTRIBUSI ORANG TIONGHOA DI NIAS ? BGM ?
73. Fri, 08 March 2019 22:52:28 Adrian z Andik hen zai @ gmail com Sangjunior@gmail.com 125.162.51.231
Yha klu menurut saya shi...bagusan di nias itu didirikan pabrik ...karna mias punya penghasilan yg besar...
Srhingga perekonomian masyarakat nias bisa lebih stabil lagi..
Coba skrg nhi yha.. harga karet nias skrg masih harga 6000 atau 7000 perkilo...cobalah kita bayangkan berapa kebutuhan orang dalam satu rumah tangga setidaknya dlm jangka sseminggu 5

First| Previous    Next|Last

Number of records = 73

Responlah dengan sopan, tidak kasar, tidak merusak nama baik pihak lain, bukan fitnah, atau tidak bersifat ancaman maupun caci-maki.

Hindari menanggapi topik / respon yang tidak layak atau tidak pantas sehingga tujuan si pembuat topik / respon tidak tercapai.

Hindari menggunakan nama samaran yang mengacu pada nama atau identitas orang lain.

©2000-2008 NiasIsland.Com. All rights reserved.

The first version was launched on 9 Sept 2000