NiasIsland.Com Logo

www.NiasIsland.Com
Providing you with some information about Nias Island

  Kese-Kese (Discussion)
 
 

Thu, 19 July 2018 16:17:05 | Nurliana Novi | JARKATA
Komentar dari berita : Anggota DPR RI Eka Santosa : ... (NIC, 1/11/2008)23 Responses

 

Thu, 19 July 2018 04:17:28 | Sudirman | Mataram
Ruang Curhat Alumni SMU 3 Gunungsitoli80 Responses

 

Sun, 15 July 2018 09:21:22 | Global Fund Foundation | uuuuuu
Dapatkan pinjaman Anda sekarang dalam 48 jam8 Responses

 

Mon, 09 July 2018 06:23:16 | charles lawhorn | italy
Bisnis Pupuk Organik Nasa2 Responses

 

Fri, 06 July 2018 18:39:11 | Yasama poetra zendrato | Bawad6sel6
perkumpulan marga zendrato22 Responses

 

Fri, 06 July 2018 14:37:30 | fred | Получl
LOWONGAN KERJA620 Responses

 

Wed, 04 July 2018 20:29:58 | Argi egi pratama | Jakarta timur
YANG TIDAK PERLU DITIRU DARI KARAKTER ORANG NIAS46 Responses

 

Sun, 24 June 2018 16:13:54 | Limes Asset Managers | United Kingdom
MANAJEMEN PENCATATAN PEMAKAIAN LISTRIK OLEH PETUGAS PLN GUNUNGSITOLI MENYEBABKAN PELANGGAN HARUS MEM1 Responses

 

Sun, 24 June 2018 11:22:24 | fred | Получl
BUTUH PEKERJAAN6 Responses

 

Tue, 19 June 2018 21:38:11 | mr scott | russia
BUTUH INFO1 Responses

 

Tue, 19 June 2018 03:33:56 | mrs stella | united states
ATM Blank1 Responses

 

Sun, 17 June 2018 10:31:44 | Efendi | Jarkatar
ALUMNI SMU N 1 LAHEWA DARI ANGKATAN PERTAMA SAMPAI ALUMNI AKHIR ZAMAN780 Responses

 

Sat, 16 June 2018 19:27:45 | vania | bsd city
Benda Sejarah Warisan Nias31 Responses

 

Wed, 06 June 2018 15:13:07 | mr scott | russia
1 Responses

 

Mon, 04 June 2018 18:35:37 | mr scott | 22 high
PROSEDUR KREDIT USAHA RAKYAT (KUR)37 Responses

 

Wed, 30 May 2018 19:28:50 | James Potter | 7765465 grf stolkhom
proyek jembatan milyaran rupiah terlantar 6 tahunan1 Responses

 

Mon, 28 May 2018 01:26:21 | ENDA PUTRA GEA | 08101998
34 TOKOH MASYARAKAT DI PULAU NIAS18 Responses

 

Sat, 26 May 2018 12:07:45 | agung syahrial telaumbanua | labura aek kanopan
mencari adik ayah

 

Fri, 25 May 2018 15:31:08 | agung syahrial telaumbanua | labuhan batu utara
Cari Keluarga di Nias1 Responses

 

Thu, 24 May 2018 05:55:54 | Mayfield Investment Trust Ltd | Indonesia
Jarle Thorsen SiteTalk1 Responses

  Index | Add New Topic  
23/8/2004 17:14:05 | bargham, Jakarta | IP: 202.95.130.26
173 NIAS DENGAN KEKHASAN BAHASANYA 15 Responses
Ya'ahowu....!

Saya kembali mengajak kita untuk berdiskusi......tentang fenomena bahasa Nias. Saya berharap kita yang nongkrong di kese2 mau memberikan tanggapan setelah membaca tulisan saya tersebut yang ada di kolom Artikel

Bargham Dachi

KESE-KESE belum tentu berisi diskusi ilmiah atau mengandung kebenaran universal (tergantung pada opini pribadi masing-masing). Jadi pembaca harus bijaksana memilah-milah mana yang benar dan mana yang tidak.

KAMI memiliki hak (bukan kewajiban) meng-edit bahkan menghapus Kese-Kese yang menurut kami tidak layak.

ISI serta akibat atau pengaruh Kese-Kese adalah di luar tanggung jawab NiasIsland.Com.

PEMBACA harus telah menyetujui semua klausa di atas sebelum berselancar di halaman KESE-KESE.

First|Previous    Next|Last

Pick Date
No Resp-Time Resp-by Address Email IP
1. 25/8/2004 21:52:49 Onie fau ( Ina Keya Laoli) BANDUNG bagaasia@bdg.centrin.net.id 202.146.253.15
Yahowu Barcham,
ma u baso wa lampiran nisuramo e'nde.
Baga-Baga nisuramo e'nde Ja'o. onekhe sibai ndaugo.
o ingatko khogu taludala. fao mano we dodogu ba niwaomo e nde. saohagolo 'e, ya fa howu o ndaugo ama!
2. 26/8/2004 17:11:40 Bargham Dachi Jakarta bargham@plasa.com 202.95.130.26
Simöi khö K' Onie (Ina Keya Laoli)

Saohagölö komentarnya...

Batatötöna mea ira amada pengelola website ha'a, tola la pertimbangkankö haya jitolbali nitötöna da, mea Li Nono Nihandre tola tefaliharo sagötö fa'ara.
(Taludala's speaking style)

Boleh tau K'Onie dari desa mana di Teluk Dalam ?

Saya dari Desa Hilimaenamölö, tapi lahir dan lama di Bawömataluo.
3. 26/8/2004 22:18:24 Karyadin Fau Batam karyadin_ofau@yahoo.com 202.152.162.205
Buat respons 1 & 2...........

Saya senang rupanya ada yang satu kampung dengan saya......yakni dari T.Dalam.

Oh ya....Saya Karyadin Fau, dari Orahili dekat Bawomataluo.

Buat : 1). Pak Bargham Dachi, kalau boleh tahu saudaranya di Bawomataluo siapa aja....mana tahu kita kenal.....

2). Ina Keya Laoli ( Onie Fau ), kalau boleh tahu juga di T. Dalam dimananya ??? sepertinya saya kenal dech .... tapi belum yakin benar......

Sorry, jika banyak nanya............saya cuma pengen kita lebih saling kenal satu sama lain......

Saohagolo..........


Ya'ahowu


Karyadin Fau ( Batam )
4. 1/9/2004 16:19:41 gusit gunung sitoli gusit_@yahoo.com 202.146.241.9
Buat anak nongkorong kese- kese!!

Hello semuanya saya sangat seetuju dengan topic yg disampaikan oleh saudara bargham, gk ada tapiny loo.. ok benar ...
wow gw gak ngerti itu bhs teluk dalam, kayak nya dang diboto au deh to hard for me to understanding, gimana caranya yah??? aku suka bhs T.dalam karena lucu didengar heheh
5. 4/9/2004 06:43:00 Onie Fau ( Ina Keya Laoli) Bandung bagaasia@bdg.centrin.net.id 202.146.253.15
Yahowu ira akhigu Karyadin Fau & Barcham Dachi,

Haega iwasa ya'ami ga'o ja'o, hae seha-seha mi?

moroi meide-ide ndao toroi ba Orahili irugi tama SD th1983
gao Sikola ndao ba SD Santo Paulus.
amada moroi ba Orahili, Inada moroi ba Bawamataluo.
Omoda ba fasa ba Taludala Jl. DI. Panjaitan

Utk : Karyadin Fau
samar-samar khogu ndaugo Karyadin Fau. apakah yaugo ono guru F. fau ? oturago khogu e? bologo dodou nate ana.
boro gurugu ho'o faforitgu sibai me mborota. apalagi na mengajar kesenian, wah baga-baga sibai.
naomasi ndaugo osura email secara personal, kirim ba emailgu baomo: bagaasia@bdg.centrin.net.id
saohagolo Ja'o e ? faigi gao mi !
6. 4/9/2004 10:59:13 julimanharefa LosAngeles juliman_h24@yahoo.com 69.111.152.140
Dear all readers

Dalam bentuk fisik orang nias lebih cendrung ke sama dengan orang-orang asia (cina, jepang, kore dll)

TAPI...

dalam vocal bahasa atau ragam bahasa kita sangat amat berbeda dengan mereka (saya banyak bertemu dengan orang-orang asia di america) NAMUN vocal bahasa kita sangat sama dengan orang-orang di bagian lautan pasifik (polynesia,malenesia) contoh :
saya pernah ke Hawaii dan mengnai beberap kata-kata dari mereka...

ALOHA artinya sama dengan YAAHOWU cobalah lafalkan kata ini...(tanpa penutup) kitam memiliki kata vocal yang sama.

juga :
Mahalo nui loa (terima kasih)
Ana ho (sekali lagi)

di Nias kita bisa menemukan lafal yang sama dengan dua kata di atas...MAHALö, HANA ö tetap perhatikan lafal atau vocalnya...

di kepulauaan Haiti...Burung adalah MANU, di Nias Manu adalah Ayam...perhatikan sama - sama sebangsa unggas.

maksud saya adalah keturunan Ono Niha "kemungkinan besar" berasal dari berbagai asal-usul yang berbeda tetapi telah ber-anak pinak.

ITU ARTINYA BAHWA KITA BISA MELACAK ASAL USUL ORANG NIAS dari Ke-KHAS-an bahasa.

julimanharefa
7. 20/7/2007 12:46:26 Sonaya Bekasi sonaya.bf@gmail.com 203.128.82.151
Salam kenal semuanya...

saya jg org Nias, tp campuran..

sebelnya, saya ga bisa berbahasa nias...jd malu klo ketemu org2 Nias lainnya


Menurut papa, nama saya diambil dr bhs Nias...
bener gak tuh?


Salam,
Sonaya
8. 20/7/2007 13:32:04 VINCENT LASE BATAM ISLAND vincent_lasse@yahoo.com 203.130.203.35
So naya =ada kalung itulah arti dari nama anda. dan jangan sebel dan malu mengaku sebagai orang nias,krn kakek nenek papah .adalah orang nias.jadi berbangga diri lah anda sebagai orang nias ditengah2 masyarakat di mana anda berada, dan di keluarga khususnya.
oh ya ... di bekasi dimana, kel. kami juga di bekasi. klo kenal INUAR LASE (AMA VICTORIA LASE) gereja MARTURIA mereka dan semua anak abang itu lahir di bekasi. Puji Tuhan berkat karena mereka punya keinginan bisa berbahasa nias, maka adek2 itulah sekarang sudah bisa berbahasa nias.salah satu anak kami viktoria lase klo mo kenalan ini no. hpnya"081319496183. ok. sekali lagi jangan sebel ya............
9. 20/7/2007 15:38:41 Iskandar Dachi Taman Sari Blok C No. 23, Tiban is_dachi@yahoo.co.id 125.162.86.142
Shalom,
Ya'ahowu fefu, yaami ira iwagu ( mi bologo dodomi, dao wao mano wa'e mi ira iwagu ) he yaugo Ina Keya, ele esa ndraugo Barcham, pun simano khou Karyadin, tora-tora me sabua nahia wa'e ita ga ba Batam, boro lona wa uila hae si faono atau si faiwa dao chomi, adre mato u kaoni mano mi iwagu.
Na mi baso nisuragu adra, doro oya silona atulo fosura hurufo nia, boro nia yaoto pun mae sambo ambo ba li choda, boro gane tumbu ndrao ba Medan, Si jelas ine, omuso dodogu, na ba NIC adra tola famano-mano ita ba li choda Taludala.
Ebua dodogu, yaita adra taaseseke ita tasura topik sitola membangun iraono banuada moroi bataludala, simae topik kerohanian, kebudayaan, tora tora ma oi wa laila niha siwara-wara hombo batu, moyo, faluaya, cho goi topik tano bo'o.
Hara ga ba Batam ma hauga kali e la tampilke hombo batu.

Ba mea faoma lona tasofu-sofu mano nawoda, lakaoni chogu Ama Yudith, ono A. Henriette Dachi si so ba Medan, yaaga moroi ba Hilisimaetano, mamagu moroi ba Bawomataluo, mado Wau, lakaoni cho tuagu moroi cho mama (Alm). Ama Dasiwa.
Ya'e email gu : iskandar@bkm-batam.co.id, tola goi is_dachi@yahoo.co.id.

NB : mohon maaf kepada seluruh netters, khususnya kita yang dari T. Dalam, bila penulisan saya menggunakan bahasa daerah kita Nias dengan dialek T.Dalam banyak yang salah, tapi itulah salah satu effort saya agar saya tetap bisa "berbahasa ibu".

Gbu
Pdp.Iskandar Dachi
10. 20/7/2007 16:32:36 Firman Hia Jakarta f_sinhia@yahoo.com 61.5.53.118
Topik ini bagus, untuk mengingatkan saya bahasa daerah kita Nias Khususnya bahasa daerah Nisel. Saya dulu fasih sekali bahasa Nisel tetapi sekarang ngucapinnya agak kaku sedikit tapi ngerti kok. Saya sekolah di SMP Katolik Bintang Laut T.Dalam, dan tinggal di Asrama Putra St. Franciskus Xaverius selama 3 tahun (1984-1987). Teman-teman saya mayoritan dari Nisel makanya saya lebih cepat untuk ngerti bahkan bisa bergaya bicara orang Nisel. Saya asalnya NIas Barat (Sirombu).

Teman-temanku dari Desa Bawomataluo, Hilisimatano, Hilimondege Raya, dll. Dari Bawomatoluo, Marselindo, Fatmawati dll, Hilisimaetano, Aotes, Agusman, Hadisem, Johan, Mahdi Dachi dll.

Terima kasih
Firman Hia - Bekasi
A. Gaby
11. 20/7/2007 18:18:35 robert bago lagoi robertus_bago@yahoo.co.id 222.124.137.90
kayaknya kami satu asrama dengan yang nomor sepuluh ini. Tapi adik kelas kali, melihat nama-nama yg ditampilkan. Gimana kabarnya.
12. Sat, 14 February 2009 11:57:13 Chris P.Dachi Jakarta_hili'amaegila chris_dachi@yahoo.com 202.53.248.80
ya'ahowu Bargham Dachi........
haega somi mado.......? Ya'oto chris P. Dachi. moroi ba Hilisimaetao city drao mado........ gasodrao ba jakarta utara, yaugo jakarta haya.......? na'omasi obalas ba Emaillgu mano...
chris_dachi@yahoo.com


saohagolo n happy valentine
13. Fri, 27 March 2009 14:17:34 Juliandis Waruwu Kom Pertokoan genta plaza d-02 jwaruwu@yahoo.co.id 125.162.67.54
Hay Salam sejahtera buat kita semua ,.,. saya .Mau kenalan banyak dengan Teman teman Dari Nias.YAAHOWU.
14. Sat, 28 March 2009 02:19:26 kristina koutersharia het Reekje 32 Holland nias7@hetnet.nl 84.84.230.112
Bargham Dakhi,owao gao ara ndaugo,ba bawomataluo,gao goi tumbu ndaugo,
bahaega so nomomi,raya,lou,bahalamba a,balala hele atau gane tou.
boro omoma ahato bagosali BNKP.
Ufanaja-naja fanuraha a,osa goi mae si fawea-wea ndrao ba veoturago ba ve ketik..............yamboroyasalo...............marase ndrao veketik bahasada ndra o
irugi gawa e he......................gumolombase na o....boro veketik ndra o .
Bargham................oturago khogu..........e.
ternyata...........pakai bahasa nias............kita merasa sekali orang nias dan lebih
akrab.................
Bargham penulisan Dachi,yang benar is Dakhi..........lebih bagus lagi.
15. Wed, 28 March 2018 06:33:07 Percy Eman Jakarta percyemanagency@ymail.com 223.255.230.13
Ya'ahowu ! Haiyaturia ? Isteriku Dinasria Dachi. Saya pernah sebulan cuti dipulau Nias terutama belajar mengerti adat istiadat disana. Bahasa "sorga" sayang sekali sampai sekarang hanya / baru didampingi Kamus Li Niha oleh Apolonius Lase. Kamus ini terbatas dipengertian dibahasa Nias terjemahan kebahasa Indonesia. Barangkali benar juga ucapan " ono Niha yaugö " juga bisa berarti " manusiakah anda ". Saya bukan kelahiran ono Niha jadi sukarlah untuk saya jadi fasih dibahasa ini. Walaupun begitu pertanyaanku ialah kenapa kebanyakan perantau turunan Nias kurang niat untuk pulang kedaerah. Sampai ada yang tidak tahu lagi bahasa Nias. Kenapa, ya ? Perkembangan ekonomi disana lambat maju. Bandingkan saja dengan daerah Toba dimana turistik cukup hidup. Bagaimana pulau Nias kiranya bisa dipromosi sedemilian rupa ? Tema ini saya curhatan dengan pasitoro Jerman Johanes, pengurus museum Gunung Sitoli. Saya ada vision mengembangkan turistik kultur ( bukan surfing laut ) pulau Nias tanpa bantuan fisik dari pemerintah daerah selama yang berkuasa setempat tidak menghambat inisiatip warganya. Syarat terutama ialah menyatukan para penghulu desa supaya jadi yakin bahwa kemajuan ekonomi tidak perlu mengurangi kewibawaan aturan adat setempat. Saohagölö !

First|Previous    Next|Last

Number of records = 15
Response:
Your Name:
City or Home Address:
Email:

Responlah dengan sopan, tidak kasar, tidak merusak nama baik pihak lain, bukan fitnah, atau tidak bersifat ancaman maupun caci-maki.

Hindari menanggapi topik / respon yang tidak layak atau tidak pantas sehingga tujuan si pembuat topik / respon tidak tercapai.

Hindari menggunakan nama samaran yang mengacu pada nama atau identitas orang lain.

©2000-2008 NiasIsland.Com. All rights reserved.

The first version was launched on 9 Sept 2000