NiasIsland.Com Logo

www.NiasIsland.Com
Providing you with some information about Nias Island

  Kese-Kese (Discussion)
 
 

Sat, 20 July 2019 16:59:35 | Aditya Aulia | Indonesia
Dapatkan pinjaman Anda sekarang dalam 48 jam297 Responses

 

Fri, 19 July 2019 01:20:21 | Kabu Layu | Bekasi City, West Java, Indonesia
UCAPKAN SELAMAT NATAL DAN TAHUN BARU58 Responses

 

Thu, 18 July 2019 20:23:31 | otomosi hia | nias
Budaya Nias Vs Agama (Kristen)22 Responses

 

Thu, 18 July 2019 14:28:36 | SURYANTO SURYANTO | Palu
Mata Pancing atau Mancing mania....7 Responses

 

Tue, 16 July 2019 22:59:54 | Olif daeli | Sirombu
Keturunan Daeli Mari kita Curhat17 Responses

 

Mon, 15 July 2019 19:43:32 | Angga Annisa | JAWA
Tanya@Putera _ Aktiviti NIAS_ Kelab Pengaturcara@program ming88 Responses

 

Mon, 15 July 2019 19:41:29 | Angga Annisa | JAWA
Bagaimana nasib masyarakat sesudah berakhir masa tugas BRR di Nias7 Responses

 

Mon, 15 July 2019 19:11:04 | Angga Annisa | JAWA
ALUMNI SMU 3 GUNUNGSITOLI YANG TERCINTA7 Responses

 

Sat, 13 July 2019 07:23:18 | Bebali Yosef Laoli | Pekanbaru
Kata-Kata Bijak3 Responses

 

Thu, 11 July 2019 11:04:33 | Yessy | Desa Lahusa kec.lahusa kab.nias selatan
Nias dan Makanan Khasnya209 Responses

 

Thu, 11 July 2019 07:49:21 | Syifa Agus | jakarta
NGO's MEDAIR "LOCK OUT" PEKERJA MENUNTUT HAK NORMATIFNYA3 Responses

 

Wed, 10 July 2019 02:46:32 | jubrin | Finance
PENERIMAAN CPNS-D FORMASI UMUM KABUPATEN NIAS TELAH DIBUKA.4 Responses

 

Tue, 09 July 2019 13:34:35 | ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY | indonesia
ALUMNI SMU N 1 LAHEWA DARI ANGKATAN PERTAMA SAMPAI ALUMNI AKHIR ZAMAN816 Responses

 

Mon, 08 July 2019 09:14:24 | WAHYUNI ELVIN | JAKARTA
KOTA GUNUGSITOLI MEMANAS56 Responses

 

Mon, 08 July 2019 04:23:01 | WAHYUNI ELVIN | JAKARTA
KANTOR DPRD NIAS JADI ARENA PERJUDIAN PARA OKNUM DPRD57 Responses

 

Mon, 08 July 2019 04:22:00 | WAHYUNI ELVIN | JAKARTA
CALON PLT BUPATI NIAS UTARA,BARAT DAN KOTA G.SITOLI VERSI BINAHATI ( B3 )74 Responses

 

Mon, 08 July 2019 03:41:12 | WAHYUNI ELVIN | JAKARTA
TIKET PESAWAT WINGS TUJUAN NIAS MENJELANG NATAL MAHAL BANGET15 Responses

 

Sun, 07 July 2019 21:30:46 | Angga Annisa | JAWA
SARASEHAN Tema "PERANAN PEMUDA MEWUJUDKAN KEPULAUAN NIAS YANG MANDIRI PASCA PEMEKARAN"+ HIBURAN RAKY5 Responses

 

Mon, 01 July 2019 08:11:25 | Nurliana Novi | jakarta
SALUT...!!! Pj.BUPATI NIAS BARAT YANG BARU DrS.SUDIRMAN WARAWU PERDULI DENGAN NASIB PARA CPNS FORMAS27 Responses

 

Mon, 01 July 2019 08:09:06 | Nurliana Novi | jakarta
Bagaimana kelangsungan Nias Barat setelah terbentuk kabupaten16 Responses

  Index | Add New Topic  
31/7/2003 14:52:52 | Yosafati Hulu, Jakarta | IP: -
9 Nias dan Makanan Khasnya 209 Responses
Apa makanan khas Nias? Pertanyaan ini kerap dilontarkan, misalnya, saat ketemu teman-teman dari daerah lain atau saat kita pulang ke Nias dan diminta untuk membawakan makanan khasnya.

Barangkali ada beberapa di antara kita yang menjawab:
- bawi ni'owuru,
- gowi nihandro,
- dodol durian,
- durian,
- atau di luar yg disebut di atas.

Keberagaman jawaban tsb merupakan salah satu indikasi bahwa (mungkin) tidak ada makanan khas Nias, atau paling tidak belum ada kesamaan persepsi mengenai hal ini.

Karena itu, melalui forum diskusi atau "kese-kese" ini saya meminta pendapat ttg makanan khas ini.

Terimakasih atas tanggapannya.

Salam
Ya'ahowu
Yosafati Hulu (Ama Thania)

KESE-KESE belum tentu berisi diskusi ilmiah atau mengandung kebenaran universal (tergantung pada opini pribadi masing-masing). Jadi pembaca harus bijaksana memilah-milah mana yang benar dan mana yang tidak.

KAMI memiliki hak (bukan kewajiban) meng-edit bahkan menghapus Kese-Kese yang menurut kami tidak layak.

ISI serta akibat atau pengaruh Kese-Kese adalah di luar tanggung jawab NiasIsland.Com.

PEMBACA harus telah menyetujui semua klausa di atas sebelum berselancar di halaman KESE-KESE.

First| Previous    Next|Last

Pick Date
No Resp-Time Resp-by Address Email IP
191. Tue, 14 September 2010 12:39:48 Eliyudi Hulu Nias, Alasa eliyudihulu@yahoo.co.id 182.1.1.152
Sangat saya tertarik pada Komentar sdr/i dari hal makanan khas nias, untuk mengetahui apa sebenarnya makanan khas nias ada baiknya kita kembali pada sejarah pada saat nenekmoyang kita menginjakkan kaki di Pulau Nias, apa yang menjadi bahan makanan Utama, selah seorang tokoh masyarakat yang berkecipung dalam meneliti Budaya Nias telah menyusun sebuah buku yang berguna untuk jadi pedoman menurutnya, makanan khas Nias adalah Gowi Nibogo? bagi yang berminat memiliki buku yang disusunnya hubungi HP. 081396588069.
192. Sun, 10 April 2011 20:14:35 y. Zega gunungsitoli yudhizega@yahoo.com 202.152.243.7
menurut saya makanan khas nias itu talo nisano,talas yg diiris2 trus dimasak pake santan,lalu pake kunyit sbg pewarna trus diksih gula,yah dr pd ribut makanan khas nias itu seh pasti bawi
193. Mon, 11 April 2011 12:34:05 niogaolo gowirio go_wirio@yahoo.com 210.79.216.21
Gaolo bekhu.....
194. Tue, 12 April 2011 07:56:00 Herna jakarta herna@yahoo.com 120.163.243.96
Terus terang baru kali ini saya dengar nama mkanan khas Nias (gowi nihandro)....seperti apa kah bentuknya...?saran saya betapa baiknya menampilkan makanan khas Nias itu bersama foto(gmbr) maksudnya biar lebih jelas dan barang kali saja ada orang luar daerah Nias yg tertarik dan pengen icip2 gt.....
195. Wed, 13 April 2011 16:34:04 avin jakarta skyk96@yahoo.com 202.152.243.29
makana has nias enak g
196. Sun, 17 April 2011 18:29:24 amosi lahagu parungpanjang -bogor amos.lahagu@yahoo.co.id 110.137.188.59
ada lagi talifuso, babi rebus,daging yang tidak pake bumbu,tapi rasanya oke banget,kemudian jangan lupa khas Nias "Tuo Nifaro" alias "wine of Nias",kira2 dao menurut ndao,yaahowu fefu talifuso.
197. Sun, 17 April 2011 21:38:26 yaia jakarta sanohugo@yahoo.com 118.96.16.114
bawi...bawi....mawi mano....gomi eeeeee......
198. Wed, 20 April 2011 14:50:01 victor surabaya victorlase@yahoo.co.id 64.255.164.105
bawi nihunago, tolagoi lehedalo campur gia sokoli........hahahaha
199. Thu, 25 August 2011 09:03:31 kemurahan hulu rehan arif.anton93@yahoo.com 180.246.231.62
makan khas nias dao gowi nibogo lafaruka gia sokoli.
aefa dao bawi ni tunu.
200. Thu, 25 August 2011 09:09:38 kemurahan surabaya arif.anton93@yahoo.com 180.246.231.62
makanan khas nias yaitu
bawi nitunu
gowi ni bogo
gae ni kuah
201. Thu, 25 August 2011 13:29:04 Barca Medan albertgea@ymail.com 180.241.123.106
HARINAKE
202. Fri, 26 August 2011 12:08:52 Sadarweanhalawa jakarta wan_halawa@yahoo.co.id 182.0.176.170
shalam tano niha" menurut saya makanan khas nias itu adalah: gowirio, gowi nitutu biasa ini dulu yang duluan dimakan sebelum nasi sesuai dengan yang pernah banyak dilakukan kakek-nenek kita dahulu kalo mereka berladang,. kedua adalah: Talas dan ketiuga ada;lah niowuru. saOHAGOLO
203. Wed, 07 September 2011 00:16:00 Norm'l Sihura Telukdalam normalsihura69@gmail.com 182.16.244.107
khas nias thu belo-belo, hehe..coba dulu rasanya..mau mau...mampir aj!!!!
204. Thu, 08 September 2011 00:17:49 Biasa aja Gusit Miki@yahoo.co.id 64.255.164.4
Tidak ada makanan khas di Nias,karena kt org Nias,asal namanya bisa buat nahan lapar,ga jorok & bw penyakit, pasti jadi makanan.Klo ada rencana,tlg dibuat dr skrg.tx.
205. Thu, 08 September 2011 10:06:08 Yaman Gido ylombu@yahoo.com 114.127.246.47
Klo nrut sy yg sgt unik dan sgt khas nias itu "TUO NIFARÖ" dan hanya dari NIAS bs diperoleh sumbernya.
206. Thu, 08 September 2011 10:12:43 Yaman Gido ylombu@yahoo.com 114.127.246.47
Sy masih ingin tambahkan bahwa makanan khas Nias itu lagi yakni "NIBINÖGÖ" atau pematangan berbagai jenis makanan dg daun pisang dan perapian kecuali nasi.
207. Thu, 08 September 2011 15:00:38 Juragan depok parkenas@gmail.com 64.255.164.51
bawi sabeto
208. Fri, 06 December 2013 11:05:34 rince medan zrinche@yahoo.com 125.162.37.124
tlong bntu saya, untuk mngetahui mknan khas nias, dan cara membuatny.. saohagolo
209. Thu, 11 July 2019 10:58:47 Yessy Desa Lahusa kec.lahusa kab.nias selatan yessylbuulolo@gmail.com 110.138.149.50
Saya sering ditanya sama orang2 yg ketemu saya bhkn kwn2 krj saya.mengenai apa aja sih mknan khas nias??
Nah masalahnya saya gk bgitu tau apa saja nm2 mkn tsb.krn yg saya tau.. semua makanan yg ada dinias itu lengkap.bahkn sema jenis mknan luar bisa ada dinias.jadi jwb simple saya adalah semua makan yg ada dinias itu lebih banyak kuliner daging babi.tpi mrk masih aja gk puas dgn jwb saya.
Bahkan mrk menertawakan jwb saya.entah dimana letak lucu ya.
Di jwb salah gk di jwb salah.itulah mnusia.
Tpi buat saya.. makanan khas nias itu uda komplit.semua ada dinias.nasi padang aja ada dinias.rendang.dn etc.. itu lah yg saya tau.hanya blom tau nama2 nya.dan maklum saja.saya bkn orang2 yg hobby kuliner.buat saya makanan itu layak dmnkan yah saya mkn.saya gk pikirkan asal mkn itu dr mn.😅😅

Tpi mrk mal
210. Thu, 11 July 2019 11:04:33 Yessy Desa Lahusa kec.lahusa kab.nias selatan yessylbuulolo@gmail.com 110.138.149.50
Tpi mrk malah berpikir itu bkn kuliner nias.
Yah aq bilang aja.. cari di google aja dr pada kalian gk prcya.
Setelahrk cari bru dhe mrk diam.aneh mmg.mrk senengnya cari kekurangan.merasa uda sempurna dlm semua hal.
Hehehh.. itu pengalaman2 saya ttg pertanyaan kuliner nias tercinta😅😅

First| Previous    Next|Last

Number of records = 209
Response:
Your Name:
City or Home Address:
Email:

Responlah dengan sopan, tidak kasar, tidak merusak nama baik pihak lain, bukan fitnah, atau tidak bersifat ancaman maupun caci-maki.

Hindari menanggapi topik / respon yang tidak layak atau tidak pantas sehingga tujuan si pembuat topik / respon tidak tercapai.

Hindari menggunakan nama samaran yang mengacu pada nama atau identitas orang lain.

©2000-2008 NiasIsland.Com. All rights reserved.

The first version was launched on 9 Sept 2000