NiasIsland.Com Logo

www.NiasIsland.Com
Providing you with some information about Nias Island

  Kese-Kese (Discussion)
 
 

Thu, 21 March 2019 17:25:28 | Aditya Aulia | Indonesia
Dapatkan pinjaman Anda sekarang dalam 48 jam130 Responses

 

Tue, 19 March 2019 20:46:48 | Angga Annisa | JAWA
Bagaikan Telur di Ujung Tanduk : Upaya untuk Mempertanyakan Bagaimana Nasib Guru-guru yang sedang Me3 Responses

 

Tue, 19 March 2019 20:27:40 | Siti Aminah | Indonesia
SUARA Dr. YASONA LAOLI DI NIAS HASiL PENGGELEMBUNGAN49 Responses

 

Tue, 19 March 2019 11:25:14 | credit financial group | indonesia
KANTOR DPRD NIAS JADI ARENA PERJUDIAN PARA OKNUM DPRD50 Responses

 

Tue, 19 March 2019 11:16:49 | credit financial group | indonesia
CALON PLT BUPATI NIAS UTARA,BARAT DAN KOTA G.SITOLI VERSI BINAHATI ( B3 )71 Responses

 

Tue, 19 March 2019 10:52:11 | credit financial group | indonesia
TIKET PESAWAT WINGS TUJUAN NIAS MENJELANG NATAL MAHAL BANGET6 Responses

 

Sun, 17 March 2019 22:13:03 | GolovushinNB |
Tanya Prosedur Ekspor/Impor!!!!???14 Responses

 

Sat, 16 March 2019 14:02:30 | QUEEN JAMILLAH | INDONESIA
SALUT...!!! Pj.BUPATI NIAS BARAT YANG BARU DrS.SUDIRMAN WARAWU PERDULI DENGAN NASIB PARA CPNS FORMAS19 Responses

 

Thu, 14 March 2019 21:35:03 | Efendi Queen Lisa | Indonesia
Tanya@Putera _ Aktiviti NIAS_ Kelab Pengaturcara@program ming37 Responses

 

Thu, 14 March 2019 21:20:36 | Efendi Queen Lisa | Indonesia
ALUMNI SMU N 1 LAHEWA DARI ANGKATAN PERTAMA SAMPAI ALUMNI AKHIR ZAMAN788 Responses

 

Tue, 12 March 2019 05:28:08 | razac RAZAC | praha
PROSEDUR KREDIT USAHA RAKYAT (KUR)39 Responses

 

Fri, 08 March 2019 22:52:28 | Adrian z | Andik hen zai @ gmail com
APA KONTRIBUSI ORANG TIONGHOA DI NIAS?73 Responses

 

Tue, 05 March 2019 15:26:09 | trustfunds | texas
UCAPKAN SELAMAT NATAL DAN TAHUN BARU48 Responses

 

Sun, 03 March 2019 15:25:12 | Yaredi | Cimone
Kontak Jodoh Orang Nias144 Responses

 

Fri, 01 March 2019 13:56:46 | QUEEN JAMILLAH | INDONESIA
Mata Pancing atau Mancing mania....2 Responses

 

Thu, 28 February 2019 21:55:39 | Mahammad Ismali | Indonesia
Bagaimana kelangsungan Nias Barat setelah terbentuk kabupaten13 Responses

 

Tue, 26 February 2019 09:24:39 | Smith Gold | new york
Dibutuhkan Nama Pemegang Mandat GMN Kota GS, Nias, Nias Barat dan Nias Utara6 Responses

 

Mon, 25 February 2019 18:27:06 | Mr noah | Australia
HURA TAX CONSULTING2 Responses

 

Sun, 24 February 2019 16:55:35 | Lismiangin fau | Perumahan meditrania blok kk 4
MAHASISWA / I NIAS DI BATAM13 Responses

 

Sat, 23 February 2019 22:03:12 | Hendrik gunawan lase | Manokwari papua barat
YANG TIDAK PERLU DITIRU DARI KARAKTER ORANG NIAS63 Responses

  Index | Add New Topic  
2/7/2003 16:38:55 | boge-boge, somewhere | IP: 222.112.9.61
4 Apakah Nias Semakin Maju? 23 Responses
Saya coba menanyakan kepada netter semua, apakah Nias secara keseluruhan semakin maju, berjalan di tempat, atau malah mundur dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya?

Kalau semakin maju, saya akan senang karena ada perbaikan. Kalau tidak, saya akan sangat sedih. Lalu apa donk yang perlu kita lakukan?

Salam dari Rantau.

KESE-KESE belum tentu berisi diskusi ilmiah atau mengandung kebenaran universal (tergantung pada opini pribadi masing-masing). Jadi pembaca harus bijaksana memilah-milah mana yang benar dan mana yang tidak.

KAMI memiliki hak (bukan kewajiban) meng-edit bahkan menghapus Kese-Kese yang menurut kami tidak layak.

ISI serta akibat atau pengaruh Kese-Kese adalah di luar tanggung jawab NiasIsland.Com.

PEMBACA harus telah menyetujui semua klausa di atas sebelum berselancar di halaman KESE-KESE.

First| Previous    Next|Last

Pick Date
No Resp-Time Resp-by Address Email IP
4. 6/7/2003 22:16:03 kristiurman mendrofa http://kristiur.tripod.com christ_1@hariansib.com 202.158.106.152
Ya`ahowu,

kalaupun saya mengatakan Nias maju boleh saja sebab sudah mulai ada terobosan disana, itu kalau kita melihat Nias itu sendiri dan tidak membandingkannya dengan daerah lain di Indonesia ataupun luar Indonesia.
Akan tetapi bila kita membandingkannya dengan Zaman yang serba canggih sekarang NIas kita tertinggal jauh dari yang diharapkan bahkan sangat menyedihkan, kita sadar bahwa orang atau daerah yang menguasi teknologi dan informasi serta transportasi yang memadai maka akan berkemabang, nah Nias Mana........disana siaran TVRI tidak masuk, kapal pelni tidak masuk, koran atau media cetak dan elektronik sangat minim bahkan nol apalagi yang namanya jarinagn internet disana belum dapat kita nkmati. Maka kesimpulan saya NIas terbelakang kalaupun ada perkembangan pembangunan yang diberitakan itu hal yang kecil dan sebenarnya itu bukan berita yang menggembirakan sebab pembangunan itu masih jauh dari yang diinginkan.

Kemaren saya membaca majalah ekonomi ibukota tentang pernyataan mereka tentang "50 kota / kabupaten terkaya di Indonesia " dan saya terkejut ternyata Nias menyandang predikat kabupaten terkaya ke- 36 di Indonesia megalahkan kota Jakarta, bekasi, Bogor, Depok yang sisebut pusat ekonomi yang masing- masing diatas ke-40 kota.....
Apakah dengan penelitian itu kita mengatakan Nias sudah maju? saya ragu hal tersebut, kita melihat realita masyarakat NIas sekarang yang ada di Pulau tercinta,..
Ya`ahowu


5. 7/7/2003 15:35:25 samadaya ziliwu Jakarta medianasional@plasa.com 202.135.42.39
Nias maju kalau memiliki SDM berkualitas, beorientasi ke depan. Dan secara khusus apabila pelaksana pembangunan melaksanakan tugasnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Tetapi selama Nias dinakhodai orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan hanya ingin memperkaya diri sendiri, maka Nias akan tetap terbelakang. Apakah Nias akan maju, pertanyaan yang sangat ideal untuk masyarakat kita saat ini.
6. 8/7/2003 10:32:36 Yason Zai www///http yasoarozai@yahoo.com 203.123.232.8
Saran dari sdr. Alui Hr4 utk topik yg tepat yakni "Apakah Nias tdk terbelakang lagi" ? saya kira usul topik tersebut juga kurang tepat, karena kita hanya dihadapkan pada sepintas melihat, mengenal mengetahui kondisi nyata Nias saat ini.

Untuk itu mari kita kembali ke topik awal dari sdr. Boge-boge "Apakah Nias secara keseluruhan sudah semakin maju" (itu inti topik diskusi) sebab, kepada para netter diminta apa yang kita perbuat/lakukan. Jadi sangat relevan dengan melihat kondisi Nias sekarang ini.

Menurut saya, NIAS SEKARANG SUDAH SEMAKIN MAJU, dan saya prihatin keraguan yang sangat mendalam dari sdr. tiu-tiu akan kemajuan Nias dari tinjuan SDM yang masih dibawah standar sebagai tolok ukur.

Kita bisa melihat Nias sudah semakin Maju :

1. Perhubungan udara yang selalu penuh setiap hari, berarti ada kemampuan ekonomi masyarakat Nias.
2. Jaringan komunikasi berteknolongi canggih, sudah bisa dinikmati di Nias.
3. Peningkatan PAD Nias Tahun 2000 Rp. 1,735 milyar, Tahun 2001 Rp, 5,469 Milyar, jadi ada kenaikan sekitar 215 %.
4. Dibidang Pendidikan, sekarang sudah ada 5 perguruan tinggi.
5. Adanya peningkatan produksi pertanian, peternakan, perikanan dan sumber-sumber daya alam lainnya.
6. Di Desa-desa adanya peningkatan/perubahan taraf hidup masyarakat yang semakin maju.
7. Adanya pembangunan, perbaikan infrastruktur sarana dan prasara umum (masyarakat).

Itulah salah satu potret bahwa Nias sudah semakin maju. Soal Nias terbelakang itu relatif, kita seyogyanya melihat kondisi dan letak geografis Nias.

Yang perlu kita lakukan/perbuat, tentu lebih terarah kepada pelaku pembangunan itu sendiri (Birokrasi atau Pemda, Lembaga Legislatif dan peran aktif masyarakatnya).

Saya setuju dari para netter sampaikan, untuk kemajuan Nias yakni Peningkatan SDM yang berkualitas, terbebasnya pelaku Pembangunan (aparat pemerintah) dari unsur KKN, terciptanya hubungan yang harmonis antara lembaga eksekutif dengan legislatif (DPDRD) dan tidak saling tarik menarik/tawar menawar kepentingan, baik pribadi maupun golongan, akan tetapi lebih mengedepankan kepentingan dan kemajuan masyarakat Nias pada umumnya.

Perlu pemberdayaan perekonomian rakyat sebagai barometer dalam meningkatan taraf hidup masyarakat yang dimulai dengan adanya kemauan, komitmen dan kemampuan bagi aparat (sebagai penyuluh) dari berbagai sektor/bidang perekonomian rakyat.

Masyarakat Nias diperantauan diharapkan adanya peran aktifnya dalam menjembatani masuknya dana-dana atau bantuan-bantuan ke Nias, baik dari pemerintah, lembaga-lembaga keuangan lainnya (swasta/investor) dan usaha-usaha lainnya, apapun bentuknya termasuk peningkatan pengetahuan masyarakat di dunia pendidikan.

Cukup sekian dari kami, kiranya jadi bahan renungan bagi para netter.

Ya'ahowu !


7. 10/7/2003 05:42:54 Susua Jakarta susua@yahoo.com 61.5.0.22
Tambahan, indikator kemajuan adalah Nias jadi dua kabupaten yaitu kabupaten Nias dan kabupaten Nias Selatan. Di bidang demokrasi, masyarakat berani menyampaikan pendapat, legislatif sangat kuat mengawasi eksekutif dan lain sebagainya.

Kita akui juga banyak yg tidak sesuai harapan. Ini tentunya karena sekarang eranya reformasi. Semua masalah menjadi sorotan para kritikus, analis dan oposan. Dan tentunya tergantung dari kacamata yg dipakai untuk melihat masalah Nias. Sehingga bila kita tidak cermat mengamati maka seolah semuanya telah jadi "hangus", padahal hanya karena nila setitik.


8. 11/7/2003 12:31:02 Lase Kopo - Bdg laowomaru@yahoo.com 202.146.253.4
Ya’ahowu fefu
Nias semakin maju ? ya Nias memang sudah maju bila dilihat dari kondisi sarana dan prasarana, taraf hidup, keberanian mengeluarkan pendapat, dan masih banyak lagi kemajuan yang lain (just for example, jaringan komunikasi yang mobile ( Mobile Phone ) sudah bisa dinikmati meskipun baru sekitar 2-3 km dari pusat kota Gunung Sitoli., dan mudah-mudahan jaringannya akan lebih luas lagi .he..he.. ) jika dibandingkan 5 atau 10 tahun yang lalu,ini tentu sudah lebih baik meskipun bukan ukuran untuk dikatakan bahwa kita sudah maju. Maju dalam hal ini tentu jika dilihat dari posisi kita jika berada (tinggal) di Nias. Setelah kita menyeberang sekitar 10 jam (by kapal feri) dari pelabuhan angin, kita akan sampai ke Sibolga, sebagai tetangga terdekat kita. Dan kita akan melihat perbedaan-perbedaan yang menyadarkan kita bahwa kita masih ketinggalan dibanding tetangga terdekat kita ini. Ketinggalan dalam bidang apa? Saya kira kita dapat menjawab sendiri.
Kalau ada survey yang mengindiaksikan bahwa Nias termasuk daerah yang kaya, saya setuju itu. Nias dikelilingi oleh perairan yang luas yang otomatis mempunyai potensi dibidang perikanan!. Sayang kita belum bisa memanfaatkan dengan optimal. Dibidang pariwisata, kita mempunyai potensi yang sangat baik. Pantai yang indah, gelombang laut yang sangat baik untuk surfing (konon terbaik kedua setelah Hawaii?) sebenarnya menjanjikan sumber pemasukan yang sangat besar bagi pendapatan daerah. Belum lagi peninggalan bersejarah yang banyak tersebar diseluruh penjuru pulau Nias, menjadi daya tarik bagi wisatawan terutama dari manca negara Sayang potensi ini juga belum termanfaatkan dengan optimal. Dari sektor perkebunan, karena daerah pantainya sangat luas, merupakan tempat yang baik untuk perkebunan kelapa. Dan saya yakin masih ada SDA yang lain yang belum termanfaatkan. Jadi saya sependapat bahwa daerah kita adalah daerah yang kaya!.
Kembali ke topik, diatas, kalau saya dapat katakan, Nias memang belum maju jika dibandingkan dengan daerah lain (khususnya di SUMUT.) salah satu tolok ukur adalah perkapita daerah kita yang masih termasuk yang paling rendah di SUMUT. (saya pernah dapat informasi tapi lupa sumbernya).
Jadi apa yg bisa kita lakukan?
1. Manfaatkan potensi yang kita miliki dengan optimal. Buatlah sarana & prasarana yang memadai bagi setiap bidang yang berpotensi agar kita bisa mendapatkan nilai yang optimal. Dalam hal ini, porsi tanggung jawab yang terbesar tentu dari pemerintah daerah.
2. Promosi pariwisata harus lebih ditingkatkan lagi ditunjang oleh pengadaan fasilitas pendukung.
2. Bagi saudara-saudara kita di perantauan yang mempunyai KEMAMPUAN untuk melakukan sesuatu, baik intelektual, profesional, usahawan, karyawan, lakukanlah sesuatu yang nyata, tidak sebatas ide atau gagasan.
3. Nias maju tidak oleh orang Nias yang lain, tetapi oleh diri kita sendiri, OK?

Simanö tanggapan moroi khögu. Saohagölö.

Lase-Bandung



9. 11/7/2003 23:04:44 olora gunung sitoli mendrofa@yahoo.com 202.73.121.27
nias memang sudah maju baik dari segala segi, baik dari sarana pendidikan, komunikas dan prasarana lainnya,cuman masih banyak yang perlu kita lebih tingkatkan unyuk mengembangkan dan memajukan nias terutama sumber daya manusianya.

selain itu, pemda di nias kalau kita lihat belum berfungsi total dari apa yang kita bayangkan sebelumnya, terutama DPD daerah nias tidak berfungsi dengan apa yang di inginkan oleh masyarat nias, banyak anggota dewan didaerah kita yang lebih mementingkan kepentingan pribadi semata, sehingga tidak tebayangkan kepada mereka untuk mengembangkan daerah kita TANO NIHA.

selain itu saya mengharapkan kepada seluruh masyarakat nias baik yang ada di daerah maupun di perantauan marilah kita semua memikirkan tentang nasib TANO NIHA yang masih begitu terbelakang dari daerah daerah lain, karena itu adalah merupakan beban dan tanggung jawab kita semua.

YAAHOWU...........
10. 19/7/2003 21:08:59 ono niha jakarta ononiha@hotmail.ac.id 202.73.121.27
apkah nias itu semakin maju?
itu adalah pertanyaan yang sebenarnya sangat tepat sekali !
jika kita lihat sekarang dan kita bandingkan dengan knodisi nias dari tahuntahun sebelumnya, nias memang sudah maju baik dari segi sarana dan prasarana, pola pikir masyarakat nya yang sudah m aju dan keberanian mengeluarkan pendapat dan sebagainya.berbagai kemajuan tekhnologi dinias seperti jaringan telepon esluler, jaringan internet dan lain sebagainya sudah bisa dinikmati oleh masyarakat kita di nias. namun bila kita menyadari apakah nias pulau yang kita cintai ini, jika dibandingka dengan daerah-daerah lain terutama yang ada di sumatra utara dan daearahdaerah lain yang ada dim indonesia maupun luar negri! apakah nias kita ini tidak ketinggalan jauh? tentu kita sendiri sebagai ono niha yang bisa menjawabnya!!!!!!!!!!

YAAHOWU.......!!!!!!!!!!!!!!
11. 21/7/2003 10:28:06 berkat batam berkat_80@yahoo.com 202.155.115.106
syalom..
semua ya tanggapan dan respon pribadi saya mengatakan bahwa semuanya itu baik dan sifatnya membangun. tapi satu hal yg perlu kita perhatikan kalau kita ingin maju suku kita sendiri adalah Tergantung kita SDM suku NIas.Apakah pernah kita berpikir dalam diri kita cara membangun NIas agar Maju sama juga dengan daerah2 yang lain..? Nah permasalahan sekarang adalah mari kita pribadi dulu membangun diri sendiri truss baru keluarga, truss Dearah kita kita sendiri dengan catatan kita jangan hanya lambang aza. atau hanya mau cari nama tapi kita harus benar2 membuktikan bahwa kita selaku suku Nias bisa seperti suku2 di sekeliling kita. jadi keputusannya...kita semua warga Nias baik yang ada di NIas maupun yang ada di Perantuan orang MARILAH BERGANDENGAN TANGAN MEMBANGUN NIAS BIAR TETAP MAJU,SUKSES,DAN MENJADI KOTA YANG SANGAT DI BANGGAKAN selaku warga nias sendiri.
itu aza yang bisa saya berikan tanggapan semoga kita semua dapat merenungkan sebab tidak ada orang lain yang membangun Suku NIas kalau bukan kita selaku Warga nias sendiri ok?
dari berkat jaya lase Batam
ya'ahuwu fefu
12. 24/7/2003 23:53:45 Idealis Lase Tangerang ide.lase@garuda-indonesia.com 61.5.0.30
Apakah Nias Semakin Maju ?
Pertanyaan ini, dapat dijawab dari beberapa sudut pandang.

1. Bila memperbandingkan Nias pada tahun 2003 ini dengan tahun 2002, 2001, ...1990,...1960, ...dst, tentulah Nias dapat dikatakan "maju".

2. Bila memperbandingkan Nias dengan kabupaten lain, pada waktu yang sama, maka Nias banyak terbelakangnya. Lihat jauh ke masa-masa yang lalu, dari tahun ke tahun, maka Nias memang secara relatif banyak terbelakang dibandingkan dengan daerah lain. Karena daerah lain juga melakukan pembangunan, ibaratnya sama-sama berlari pada waktu yang sama, tapi beda titik start, ya.. bisa dimaklumi Nias tetap "dibelakang".

Jadi tergantung cara pandang, bisa dikatakan sudah maju dan bisa juga dikatakan terbelakang. Sah-sah saja.

Solusi

Yang paling penting adalah bagaimana agar kita "lebih-maju-lagi" artinya ada percepatan posisi kemajuan Nias dari tahun ke tahun.

Untuk bisa menyamai atau melewati kabupaten lain maka Nias harus lebih cepat "berlari" dari daerah lain. Artinya kita harus mempunyai dan menggali kemampuan dan keunggulan yang melebihi daerah-daerah yang sudah lebih maju itu. Kalau tidak kita tetap di belakang mereka. Ini tidak mudah karena semua berpacu untuk maju, mereka juga unggul-ungul ... sama dengan kita Ononiha.

Tanggungjawab untuk memajukan Nias ada dipundak kita semua, baik para aparatur negara di daerah maupun di pusat dan pada masyarakat Nias itu sendiri.

Ya'ahowu.
13. 1/8/2003 11:49:25 Elvis Ukiran Bali Bumi Serpong Damai elvis_ub@yahoo.com 202.159.11.89
Nias, menurut saya kalo emang udah maju masa anak-anak mudanya tambah habis karna merantau semua. jadi seharusnya Nias dikelola dengan baik dong kalko emang menurut survei Nias termasuk kabupaten terkaya ke -36. kemudia sekarang transportasi Laut koq jadi nggak ada gimana tuh, harap bagi orang NIas yang bisa mengusahakan ini tolong bilang pemerintah untuk menyediakan transportasi laut dong.
saohagolo............ YA'AHOWU
14. 14/8/2003 22:13:40 coba tebak!!! Bandung ga_ada@tuh.com 210.23.64.250
kayanya seh Nias jalan di tempat...gimana bisa maju klo pejabatnya korupsi terus..makanya jangan korupsi terus donk, duit buat pembangunan dipake buat pembangunan Nias donk,jgn buat kekayaan pribadi..ngaca dulu donk sang pejabat!!!!!
15. 15/8/2003 11:07:09 Sokhi'aro Jambi sokhiaro@yahoomail.com 152.118.24.3
Apapun yang mau kita katakan tentang Nias, hendaknya bertolak dari keinginan bahwa "Nias Maju". Tanpa itu semua komentar kita tidak memberi kontribusi penting dalam membangun Nias. Karena itu, saya sarankan bahwa pertama kita harus katakan bahwa NIAS MAJU. Dengan demikian akan tumbuh bibit dari lubuk hati kita untuk mau membangun nias. Bukan saja harus berperan dalam arena politik atau sosial ekonomi atau pelaku bisnis lainnya, akan tetapi dengan memberi informasi yang positif, kita sudah berperan dalam membangun nias yang maju.
Oke. Sampai jumpa teman-temanku.
16. 26/8/2003 22:31:46 Yusman Gulo Ciputat - Tangerang yus_gid@yahoo.com 202.155.8.42
Menurut saya jika diperbandingkan maka saya sependapat dengan sdr. Idealis Lase. Sebaliknya bila diperbandingkan untuk tahun kedepan, saya rasa Nias tetap seperti lagu "aku masih seperti yang dulu" dengan SDM yang itu-itu juga. Jika ada perkembangan paling unsur KKN. Makanya tolong dong Bapak-bapak/Ibu-ibu pejabat "Yang Terhormat" mulailah mencoba untuk merubah sifat, karakter dan tingkah laku yang tidak berbau.....uuuuu KKN. SDM-SDM yang ada ditingkatkan, jangan ada rasa E...eeeegoisme, perbanyak calon-calon yang akan menjadi Gubernur, Akabri, Magister Managemen, serta tingkatkan sarana& prasarana yang ada, jangan yang sudah ada di tiadakan (Cth. Km. Lambelu, Lawit, Kambuna yang tidak beroperasi) yg jauh seperti kita ini dengan isi kantong "Cekak" paling bisa bertanya dalam hati "kapan saya kembali lagi ke Nias ?". PAD Nias masih kurang kok dikurang-kurangi lagi.
17. 6/12/2006 16:16:50 Firman Larosa Jakarta firman.larosa@combiphar.com 202.162.217.50
Dalam hal apa Nias di bilang maju?????????
18. 7/12/2006 07:29:52 nonali wau 9500 lucien-proulx nonalinias@yahoo.ca 69.156.174.30
saya tak bisa bilang kalau nias maju karna saya blm ke nias, thn 2003 saya telah meninggalkan nias, dan thn ini saya mau kenias, , kata teman 2 saya yg di nias sedikit ada kemajuan yaitu jalan sudah mulus dari gusit- t .dlm dan juga kebersihan sudah mending dr yg dulu-dulu. yah di beberapa hari lagi, saya maulihat kata mereka , kalau benar betapa kita senang semua.
19. 7/12/2006 13:14:34 Yusman Hulu Jakarta yusman_hulu@yahoo.com 202.155.120.72
Harapan kita sih, pulau yg kita cintai itu maju terus. Cuman bagaimana bisa maju kalau begitu2 aja para pemimpin kita hanya mementingkan diri sendiri. coba kita lihat sendiri kasus korupsi disana masih belum tuntas2kan. dah agak maju dikit sih...
20. 7/12/2006 13:53:30 Lamuhu singa Mbombo lamuhu@yahoo.com 202.4.243.138
Kalau ditanya soal kemajuan Nias, sudah sejak dulu Nias maju dalam hal "kese-kese." Di bidang lain, nggak janji deh...
21. 6/9/2007 15:56:09 fatolosa jl.susilo raya no23 jakarta barat fatolosa@hotmail.com 222.124.74.69
saya bangga dengan kata bahwa "Nias makin lama makin maju" tapi di sisi lain ada juga yang bilang bahwa Nias masih terbelakang atau dengan kata lain Nias masih ketinggalan zaman, nah inilah kata-kata yang harus kita berantas,. ...dengan cara apakah kita bisa memberantas hal ini..???
1.kita harus merubah sikap kita yang mayoritas yang mengatakan bahwa siapa lu siapa gua,keegoisan, dan menonjolkan diri serta tidak adanya kerjasama satu dengan yang lain,tidak saling mendukung,tidak saling menopang. tetapi yang ada hanyalah kata "akulah yang paling hebat".....................bersambung.....................................
22. Thu, 13 November 2008 21:32:45 alfin JAKARTA salfinuszebua@yahoo.com 118.136.5.227
buat
NO 13
DIA MENGATAKAN bagi orang nias YANG BISA MENGUSAHAKAN TOLONG BILANG SAMA PEMERINTAH UNTUK MENGUSAKANNYA,,MENURUT SAYA SAUDARI KITA TERSEBUT SEAKAN AKAN LEPAS TANGAN MASIH MAU NYURUH ORANG LAIN KENAPA tidak LANGSUNG NGOMONG SENDIRI.

sory bukan protes pendapat anda..banyak kok orang lain yang ngomong begitu tidak hanya kamu,
23. Fri, 04 January 2019 19:50:52 danadani danadani22061@gmail.com danadani22061@gmail.com 116.206.38.47
Sesama manusia apabila tetangga dan saudara kita ingin membangun rumah dan kita diri kita tidak boleh iri dan dengki ketika kita melihat mereka sukses dan kita jangan mau kalah dan diri kita harus bisa seperti mereka jadi apabila kita berbuat baik maka baiklah hasilnya apabila kita berbuat jahat maka jahatlah hasilnya

First| Previous    Next|Last

Number of records = 23

Responlah dengan sopan, tidak kasar, tidak merusak nama baik pihak lain, bukan fitnah, atau tidak bersifat ancaman maupun caci-maki.

Hindari menanggapi topik / respon yang tidak layak atau tidak pantas sehingga tujuan si pembuat topik / respon tidak tercapai.

Hindari menggunakan nama samaran yang mengacu pada nama atau identitas orang lain.

©2000-2008 NiasIsland.Com. All rights reserved.

The first version was launched on 9 Sept 2000